Lebih Baik Gak Dimakan! Buang Detik Ini Juga Kalau Masih Simpan Ayam di Kulkas dengan Cara Salah Ini, yang Ada Ancam Nyawa Seisi Rumah

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 23 April 2022 | 10:50 WIB
Menyimpan ayam (upgradedhome.com)

SajianSedap.com - Banyak orang terbiasa menyetok ayam di rumah.Alasannya karena ayam jadi bahan yang paling sering diolah di rumah.Jadi, daripada bolak balik ke pasar tiap hari, mending stock di kulkas, kan?Tapi, cara menyimpan ayam mentah ternyata tak boleh sembarangan, lo.Soalnya kalau salah yang ada malah bisa membahayakan nyawa.Anda melakukan salah satu kesalahannya?Cara Salah Menyimpan Daging Ayam di KulkasSebenarnya, menyimpan ayam di kulkas sah-sah saja untuk dilakukan.Tapi, banyak orang tak memperhatikan kesalahan-kesalahan ini saat menyimpan ayam di kulkas.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Alhasil, daging ayam yang segar justru akan memberikan dampak yang bebahaya bagi seisi kulkas.Melansir dari Reader's Digest, ada 5 kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpan ayam di kulkas.Apa saja ya?1. Mencuci ayamSepulang dari pasar, biasanya kita akan mencuci ayam hingga bersih, kemudian baru meletakkannya dalam wadah dan menyimpan ayam di kulkas.Ternyata selama ini kita salah kaprah!Mencucinya, terutama jika tidak menggunakan air mengalir, justru menyebabkan timbulnya bakteri pada ayam.Yang lebih berbahaya, bakteri tersebut akan menyebar dan melekat di permukaan benda-benda sekitar.Bila memang ayam tidak langsung digorenga tau dimasak, ada baiknya kita membersihkan ayam menggunakan tisu makan untuk mengangkat kotoran yang menempel ya.

Baca Juga: Resep Ayam Suwir Sambal Kelapa Enak, Menu Sahur yang Selalu Bikin Rela Bangun Lebih Awal

2. Menyimpan dengan wadah yang salahApa wadah yang biasanya kita gunakan untuk menyimpan ayam di kulkas?Apakah menggunakan wadah tanpa tutup? Atau bahkan menyimpannya bersama plastik atau kresek sekaligus?Nah, ini salah besar!Plastik atau kresek membawa jutaan bakteri dari pasar atau supermarket.Selain itu, jika kita menyimpan ayam di kulkas dengan wadah tanpa tutup, maka ini juga akan berpotensi menyebarkan bakteri ke seisi kulkas.Pasalnya, cairan dari daging bisa merembes ke luar wadahnya dan akan mengontaminasi makanan lainnya.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Resep Asam-Asam Ayam Jagung Putren, Inspirasi Menu Makan malam yang Maksimal Sedapnya!

Maka sebaiknya, usai dibersihkan, simpan ayam dalam wadah tertutup di kulkas.Kita bisa menggunakan plastik wrap untuk membungkusnya, lalu letakkan di bagian bawah kulkas atau freezer.3. Membiarkan daging ayam terlalu lamaSepulang dari pasar atau supermarket, beberapa kita memilih untuk membersihkan sayuran dan belanjaan lain sebelum akhirnya mengurus daging ayam.Nah, ini tak kalah berbahaya.Pasalnya, jika daging ayam dibiarkan di udara terbuka berlama-lama, akan berpotesi bakteri dari udara menempel di daging ayam.Begitu juga ketika kita mengeluarkan ayam dari dalam kulkas dan membiarkannya terlalu lama di atas meja.Ini bisa jadi berbahaya.Oleh sebab itu, baiknya, sepulang dari pasar dahulukan untuk membereskan ayam dan membersihkannya lalu masukkan ke dalam kulkas.

Baca Juga: Resep Pastel Lapis Ayam Cabai, Menu Buka Puasa Renyah yang Juga Bisa Jadi Peluang Usaha

Jika suatu saat ayam akan digunakan tapi dagingnya terlalu beku, gunakan cara defrosting yang cepat dan jangan biarkan daging ayam terlalu lama berada di ruang terbuka.Nah, itu tadi 3 kesalahan yang kerap kali dilakukan ketika menyimpan ayam di kulkas.Apakah Anda termasuk yang melakukannya? Jika ya, segera hentikan ya demi kesehatan keluarga juga!Cara mencuci daging ayamDaging ayam mengandung protein yang tinggi dan banyak vitamin, dari mulai vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, sampai vitamin B6.Tapi dalam keadaan masih mentah, daging ayam juga mengandung banyak bakteri, seperti Salmonella, E. Coli, Enterokokus, dan Campylobacter.Nah, bakteri yang disebut terakhir itu yang paling menakutkan!Soalnya, Campylobacter merupakan penyebab utama keracunan makanan.Bakteri-bakteri yang ada pada daging ayam tersebut bisa dengan mudah menyebar dan menyusup masuk ke dalam tubuh kita, jika kita tidak benar saat mencuci dan mengolah daging ayam.

Baca Juga: Gak Perlu Repot Pakai Presto, Mau Ceker Empuk Sampai Ketulang Cukup Rendam di 1 Bahan ini Sebelum Direbus, Ibu-ibu Sekomplek Senang Bisa Irit Gas!

Itu sebabnya, kita harus tahu tips mencuci daging ayam yang benar.Jika tidak mau tubuh dirusak oleh bakteri-bakteri tersebut.Daging ayam mentah sebenarnya tidak perlu dibilas dengan air, karena semua bakteri akan mati saat proses memasak.Jika masih merasa kurang kalau tidak mencuci daging ayam sebelum dimasak, maka yang harus dilakukan adalah.Rendam dulu daging ayam dengan air hangat selama 10 – 15 menit, baru kemudian membilasnya dengan air mengalir.Cara lain, lap daging ayam dengan menggunakan cuka atau jeruk lemon untuk mengurangi bakteri yang dikandungnya.Biarkan 5 sampai 10 menit, baru kemudian membilasnya dengan air mengalir.Kalau belum mau langsung memasaknya, simpan daging ayam di wadah yang bersih dan tertutup.Masukkan ke dalam freezer dan daging ayam biasanya bisa bertahan 2 sampai 3 hari.Tapi kalau sudah berbau tidak sedap, lebih baik daging ayam tidak dimasak lagi.