Bosan Makan Santan? Coba Intip Tips Pasti Enak Masak Tom Yam yang Segar dan Nendang di Lidah, Ini Bumbu Rahasia Ala Restoran Thailand

By Virny Apriliyanty, Selasa, 3 Mei 2022 | 10:40 WIB
Cara membuat kuah tom yam yang merah menggoda dengan 4 langkah (Kolase Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Pasca Lebaran, banyak orang langsung bosan makan santan.Apakah Anda salah satunya ?Kalau iya, maka bikin tom yam bisa jadi pilihan untuk seisi rumah.Tom yam identik dengan rasanya yang sangat “nano-nano”, semua rasa ada di situ dari pedas, asam, asin, manis.Jadi bayangkan masakah ini pasti disambut gembira keluarga yang sudah bosan makan santan.Nah, untuk mendapatkan semua rasa dan aroma itu, tentu ada segudang bahan yang wajib ada.Mau tahu apa saja?1. Tonjolkan Rasa dengan Bumbu HalusBumbu halus jadi salah satu kunci utama rasa otentik tom yam.Catat baik-baik, bumbu halus tom yam harus menggunakan 3 bahan utama yaitu bawang putih, ebi dan cabai kering.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Ketiganya perlu digoreng sampai harum dan kemudian diblender bersama minyaknya.Dijamin, perpaduannya akan membuat kombinasi sedap khas tomyam sehingga wajib ada kalau mau tom yam soup seenak Thailand.2. Naikkan Aroma dengan Aneka RempahBumbu halus tadi, akan dinaikan aromanya dengan menambahkan aneka rempah saat merebus kuah tom yam.Bahan yang wajib ada adalah serai, daun jeruk, lengkuas dan kecap ikan.Semua saling menunjang dan menciptakan aroma khas tom yam soup.3. Jangan Pernah Lupa Daun KetumbarOrang Thailand paling senang menambahkan daun ketumbar dalam masakannya, begitu juga dengan tom yam.Percayalah, tom yam soup seenak Thailand tidak akan sukses kalau tidak menambahkan daun ketumbar ke dalam rebusan kuahnya.

Baca Juga: Terkuak Juga Rahasia Penjual Ketupat, Campuran Bahan Ini Jadi Kunci Hasilnya Bisa Legit dan Pulen, Ditambahkan saat Cuci Beras!

Begitu daun ketumbar masuk, aroma khas tom yam akan langsung tercium.Ketahuilah, ada baiknya kita menggunakan bukan cuma daun dan batang, tapi juga akar daun ketumbar.Bagian akar ini punya aroma sedap yang sangat kuat sehingga sayang sekali kalau dibuang.Cuci bersih akarnya, lalu masukkan ke dalam kuah sup saat awal memasak.Begitu sup akan matang, baru tambahkan daun dan batang ketumbarnya.4. Isi Tom Yam dengan Beragam BahanIsian tom yam bisa diganti-ganti antara udang, ayam, ikan, atau bahkan seafood.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Untung Tahu Sekarang! Ternyata Ada Cara Supaya Bisa Makan Banyak saat Lebaran tanpa Berat Badan Naik, Gampang Banget Dicontek Semua Orang

Orang Thailand punya nama atas tomyam yang isinya udang, yakni tom yam gong.Untuk yang isi ayam, diberi nama tom yam kai.Sementara yang isinya ikan deberi nama tom yam pla.Nah, untuk jamurnya, digunakan jamur merang biasa.5. Boleh Bening, Boleh BersantanTom yam soup tidak selalu bening.Bisa saja ditambahkan santan di dalam kuah.Santannya santan encer sehingga tetap ringan rasanya.Bisa juga diberi santan kental, tetapi di ahir penyajian.

Baca Juga: Tetangga sampai Ikutan, Hilangkan Noda Hitam di Mukena Ternyata Cukup Pakai Baking Soda, Gak Perlu Beli Baru

Tambahkan saja sebagai toping di atasnya.Selain santan, tomyam yang lebih modern juga menambahkan krim di atasnya.Bagaimana?Sudah siapkah Anda membuat tom yam sendiri di rumah?Bahannya memang super banyak.Tapi semua akan terbayar dengan rasa puas karena bisa meracik sendiri tom yam soup seenak Thailand di rumah.Selamat mencoba.