Belajar dari Meninggalnya Oddie Agam Sampai Susah Makan Karena Ginjalnya Rusak, Tolong Ibu-ibu Kurangi Bawa Pulang Makanan Ini Kalau Masih Sayang Keluarga

By Amelia Pertamasari, Rabu, 8 Juni 2022 | 12:10 WIB
Makanan penyebab gagal ginjal yang diderita Oddie Agam yang merenggut nyawanya. (Tribunnews.com)

SajianSedap.com - Banyak orang menunda memulai hidup sehat dengan menyepelekan kesehatan organ tubuh dan acuh dengan apa yang dikonsumsi.

Makanan terlalu asin, pedas, manis, dan lainnya banyak dimasukkan dalam tubuh tanpa mengetahui batas normal.

Meski memang tak langsung nampak merusak tubuh, bukan tidak mungkin penumpukan karena asupan di atas batas normal bisa mengakibatkan tubuh sakit.

Salah satu akibatnya adalah kerusakan ginjal, dimana organ ginjal mengalami gangguan dan tidak berfungsi secara semestinya.

Penyakit yang juga disebut gagal ginjal ini dapat ditandai dengan beragam gejala, tetapi gejalanya biasanya baru muncul setelah ginjal mengalami kerusakan atau penurunan fungsi yang drastis hingga mengancam nyawa.

Sebut saja salah satu diantaranya, musikus Oddie Agam yang meninggal dunia karena kerusakan ginjal pada 27 Oktober 2021 lalu.

Sebelumnya, pada awal Oktober 2021, Oddie Agam dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Persahabatan setelah tersedak dan batuk saat makan, yang rupanya menderita penyakit ginjal hingga mengalami kerusakan yang para pada ginjalnya.

Belajar dari hal tersebut, pilihan gaya hidup menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, termasuk asupan gizi yang masuk ke tubuh.

Berikut ini ada beberapa daftar makanan yang sebaiknya dikurangi untuk dikonsumsi karena berisiko meningkatkan penyakit gagal ginjal.

Baca Juga: Belajar Dari Meninggalnya Mike Mohede Saat Tidur, Lauk Makanan Sehari-hari ini yang Bisa Jadi Penyebabnya, Hati-Hati Sebelum Berakhir di Rumah Sakit

Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Makanan tidak sehat yang dikonsumsi berlebihan dalam waktu lama tentu dapat merusak fungsi ginjal.