Ingin Resep Idul Adha Jadi Lebih Menarik Disantap? Contek Saja Resep Tongseng Kikil Sapi Ini!

By Dwi, Sabtu, 9 Juli 2022 | 10:00 WIB
Siapa yang Tak Tergiur Kalau Resep Tongseng Kikil Sapi Enak Ini Kita Hadirkan Sebagai Salah Satu Resep Idul Adha Tahun Ini (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Resep Tongseng Kikil Sapi yang enak ini pasti jadi salah satu resep Idul Adha ternikmat yang menarik untuk disantap.

Jika punya stok kikil dari Qurban dan bingung mau diolah menjadi hidangan apa, contek Resep Tongseng Kikil Sapi enak ini saja.

Jika ingin menghadirkan resep Idul Adha yang menarik keluarga untuk disantap, Resep Tongseng Kikil Sapi ini adalah jawabannya.

Baca Juga: Resep Telur Masak Tongseng Enak, Menu Sederhana yang Bikin Nambah Berkali-Kali

Waktu: 45 Menit

Sajian: 4 Porsi

Bahan:500 gram kikil sapi500 ml air800 ml santan, dari 1/2 btr kelapa2 lembar daun salam2 cm lengkuas, memarkan1 batang serai, memarkan3 butir bawang merah, iris tipis5 buah cabai rawit hijau, iris-iris150 gram kol, potong-potong1/2 sendok teh garam1/2 sendok teh merica bubuk1 1/2 sendok makan kecap manis2 batang daun bawang, potong 2 cm1 buah tomat merah, potong-potong2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Kikil:2 cm jahe, memarkan2 lembar daun salam

Bumbu Halus:3 butir kemiri, sangrai3 cm kunyit, bakar3 siung bawang putih4 butir bawang merah2 cm jahe1 sendok teh ketumbar1/2 sendok teh jintan2 butir kapulaga

Cara Membuat Tongseng Kikil:

1. Presto kikil bersama jahe dan daun salam hingga empuk.

2. Rebus santan, bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan.