Mengenal Escargot, Hidangan Mirip Bekicot yang Enaknya Bukan Main! Ternyata Bisa Jadi Obat Penyakit hingga Gatal-gatal

By Virny Apriliyanty, Jumat, 29 Juli 2022 | 15:39 WIB
Escargot ternyata punya banyak banget manfaat untuk kesehatan tubuh (epicurious)

SajianSedap.com - Yuk mengenal escargot lebih dalam.

Escargot adalah hidangan siput mirip bekicot asal Perancis.

Nah, escargot sendiri ternyata punya banyak banget manfaat untuk tubuh.

Ya, di banyak restoran fine dining di Indonesia kita sebenarnya bisa menemukan hidangan escargot.

Biasanya escargot dibandrol harga yang cukup mahal, lo.

Maklum, rasanya enak banget, seperti siput namun lebih tebal dan lebih kenyal.Biasanya escargot dimasak dengan cara direbus atau dikukus terlebih dahulu, kemudian dipanggang dengan aneka bumbu rempah.Selain harganya yang mahal, escargot memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Yuk, kita cari tahu.

Baca Juga: Biasanya Cuma Dimasak, Bekicot Tiba-tiba Jadi Lebih Mahal Daripada Emas di Thailand, Hal Ini Penyebabnya!

Manfaat Escargot1. Penyembuhan Penyakit AsmaSebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa zat yang terdapat pada escargot dapat menyembuhkan penyakit asma.Namun, dalam beberapa kasus, masyarakat luas mengatakan bahwa escargot dapat membantu proses penyembuhan penyakit asma.Caranya adalah dengan memberikan daging escargot secara rutin pada pengidap asma.Lama kelamaan, gejala asma dari pengidap akan menghilang dan akhirnya pengidap asma tersebut pulih dari penyakit asma ini.

2. Baik untuk Perkembangan OtotHal ini disebabkan oleh kandungan protein hewani dan kandungan asam amino yang cukup tinggi pada escargot.Protein dan asam amino dapat membantu otot menjadi lebih berkembang. Apabila otot lebih berkembang, kekuatan fisik akan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: SPINACH FETUCINI ESCARGOT CURRY

3. Menyembuhkan Gatal-GatalEscargot ternyata juga bisa menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya seperti kutu air, kudis, dan lainnya.Kandungan lendir alami dalam escargot mampu meredakan penyakit gatal serta mencegah peradangan.Dalam dunia pengobatan, escargot bahkan banyak digunakan sebagai obat herbal dengan berbagai varian seperti dijadikan sate atau sup.4. Meredakan Panas DalamDaging escargot memiliki nilai kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa meredakan panas dalam.Escargot selalu dimasak dengan berbagai macam rempah dan bumbu agar aromanya lebih wangi serta lendirnya hilang.