Apa Saja Pantangan Penyakit Asam Urat? Para Istri Harus Tahu Agar Penyakit Suami Tak Sering Kambuh

By Amelia Pertamasari, Senin, 31 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Apa saja pantangan penyakit asam urat? ()

 

SajianSedap.com - Banyak orang bertanya-tanya apa saja pantangan penyakit asam urat.

Sebab dengan mengetahui hal apa saja pantangan penyakit asam urat ini, maka penyakit dapat dicegah untuk kambuh.

Jadi simak berikut ini apa saja pantangan penyakit asam urat yang penting untuk diketahui.

Apa Saja Pantangan Penyakit Asam Urat?

Sebagai informasi, asam urat atau gout arthritis merupakan salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh asam urat yang terbentuk dari pemecahan purin.

Purin adalah zat yang yang dapat ditemukan di dalam tubuh manusia yang merupakan hasil metabolisme protein dan dalam makanan, seperti hati dan kacang-kacangan.

Normalnya, asam urat akan larut dalam darah lalu melewati ginjal dan dikeluarkan melalui urine.

Namun, pada kondisi tertentu, asam urat dapat menimbulkan peradangan atau menumpuk dalam jaringan dan membentuk benjolan (tophus).

Jadi jika Anda termasuk rentan terhadap serangan asam urat mendadak, hindari penyebab utamanya, yakni makanan tinggi purin.

Melansir Health Line, makanan tinggi purin adalah makanan yang mengandung lebih dari 200 mg purin per 3,5 ons (100 gram).

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan tinggi fruktosa, serta makanan purin sedang yang mengandung 150-200 mg purin per 3,5 ons. Makanan terebut dapat pula memicu asam urat kambuh.

Berikut adalah beberapa makanan utama tinggi purin, makanan yang mengandung purin sedang, dan makanan tinggi fruktosa yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

Baca Juga: Siapa Bilang Gak Berguna? Rambut Jagung Diam-Diam Ampuh Redakan Asam Urat Kalau Diolah dengan Cara Ini, Dijamin Cespleng!