Ogah Minum Obat, Wanita Ini Coba Turunkan Darah Tinggi dengan Konsumsi Bawah Putih! Dokter Saja Shock Saking Ampuhnya

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 26 November 2022 | 16:10 WIB
Coba Turunkan Darah Tinggi dengan Konsumsi Bawah Putih (cinfasalud.cinfa.com)

SajianSedap.com - Bukan hal tabu lagi kalau kini banyak orang ketergantungan obat darah tinggi.Soalnya, obat darah tinggi biasanya dikonsumsi tiap hari tanpa putus demi mengontrol kadar darah.Sebenarnya tidak masalah.Pasalnya, penderita hipertensi bisa jadi berbahaya kalau tidak minum obat darah tinggi.Tapi, coba deh dibarengi juga dengan konsumsi bahan-bahan alami yang bisa menurunkan darah tinggi.Salah satunya adalah bawang putih.Yuk, intip aturan makan bawang putih untuk menurunkan darah tinggi berikut ini.Menurunkan Darah Tinggi dengan Bawang PutihTekanan darah tinggi alias hipertensi adalah masalah kesehatan yang kian hari kian muda penderitanya.Hal ini tentu membuat miris.Sebab gangguan kesehatan yang 10-20 tahun lalu hanya diidap oleh orangtua alias manula, kini sudah ditemukan pada orang dewasa muda.

Baca Juga: Bersyukur Gak Perlu Cek Lab Lagi, Penderita Diabetes Coba Konsumsi Tanaman Merambat di Depan Rumah Ini, Gula Darah Tinggi Auto Turun

Di Indonesia, melansir ojs.unud.ac.id, pada usia 25-44 tahun prevalensi hipertensi sebesar 29%.Pada usia 45-64 tahun sebesar 51%, dan pada usia >65 tahun sebesar 65%.Apa penyebabnya? yang sekarang menjadi momok adalah pola makan.Ya, hipertensi alias tekanan darah tinggi, selain bisa dipengaruhi faktor keturunan, juga dipengaruhi oleh pola makan dan aktivitas.Semakin tidak karuan pola makan seseorang dan semakin kurangnya aktivitas fisik, risiko terjadi hipertensi semakin besar.

cuma modal bawang putih bisa usir sakit gigi
Makanan seperti apa yang paling berisiko membuat seseorang mengalami hipertensi? Makanan trans, berlemak, junkfood, fasftood, mengandung tinggi kalori, tinggi gula.Bagi yang sudah mempunyai hipertensi atau punya keturunan hipertensi, lakukan kontrol tekanan darah.Caranya, olahraga rutin dan teratur, juga konsumsi makanan alami yang bisa mengontrol tekanan darah.Salah satunya adalah bawang putih.Salah satu bumbu masak yang tersedia di hampir setiap rumah orang Indonesia ialah bawang putih.

Baca Juga: Dibuang-buang di Tukang Kelapa, Faktanya Minum Air Kelapa Tua Bisa Jadi Obat Darah Tinggi, Murah dan Ampuhnya Ngalahin Obat

Bumbu yang satu ini banyak digunakan untuk segala jenis masakan, terutama sebagai penambah penyedap rasa sayur dan hidangan lainnya.Rempah bumbu ini sudah menjadi tradisi setiap orang tua kita turun temurun. Ternyata, dari sisi kesehatan, bawang putih mengandung banyak manfaat.Bawang putih mengandung nitric oxide yang dipercaya bisa meningkarkan proses vasodilatasi yang menyebabkan pembuluh darah kembali lebar sehingga tekanan darah akan turun.Selain bawang putih, rempah lain seperti kemangi, rosemary dan kayu manis juga memiliki kemampuan untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Menurunkan Darah Tinggi dengan Jus Labu Siam dan Timun

Memang ada banyak cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi yakni dengan minum obat resep dokter, olahraga, menjaga asupan makanan, dan mengonsumsi buah serta sayuran.

Asal tahu saja, ada cukup banyak jenis buah dan sayuran yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi salah satunya labu siam.

Jus labu siam yang dicampur dengan mentimun ternyata cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Labu siam dan mentimun dikenal sebagai sayuran yang banyak diolah menjadi lalap makanan.

Melansir dari buku berjudul Tanaman Obat & Jus Untuk Mengatasi Penyakit Jantung, Hipertensi, Kolesterol, dan Stroke karya Ir. Lukas Tersono Adi, labu siam mengandung saponin, alkaloid, dan tanin.