Jadi Penyakit Kanker Terbanyak di Indonesia, Ketahui Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini yang Penting Dilakukan

By Amelia Pertamasari, Senin, 6 Februari 2023 | 17:25 WIB
Cara mencegah kanker payudara sejak dini yang penting untuk segera dilakukan. (Kompas)

SajianSedap.com - Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 4 Februari.

Peringatan tahunan ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap penyakit kanker dan mendorong setiap orang agar menjalankan beberapa langkah pencegahan penyakit ini.

Penyebab penyakit kanker dapat berasal dari faktor keturunan, gaya hidup tak sehat, dan faktor lingkungan sekitar.

Meskipun faktor genetis atau keturunan tidak dapat dikendalikan, namun setiap orang masih dapat melindungi diri dari bahaya kanker dengan mengendalikan gaya hidup dan lingkungan yang sehat.

Tercatat bahwa kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Data Global Cancer Observatory (Globocan) tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia.

Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus.

Padahal sekitar 43% kematian akibat kanker bisa dikalahkan manakala pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali beberapa cara mencegah kanker yang perlu Anda lakukan.

Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini yang Penting Dilakukan

Untuk melindungi diri dari penyakit kanker, setiap orang perlu berkomitmen untuk mengupayakan gaya hidup dan lingkungan yang sehat.

Dilansir dari preventcancer dan ncbf.org.au, berikut ini yang perlu diketahui dalam pencegahan kanker payudara sejak dini. Ini terkait gaya hidup sehat, berolahraga, hingga skrining tubuh sejak dini. Baca selengkapnya.

Baca Juga: Tubuh Kekar Agung Hercules Mendadak Kurus karena Kanker Otak, Hentikan Masak Sayur ini Kalau Sayang Nyawa Keluarga