Menu Takjil : Resep Bubur Sumsum Jagung Ubi, Menu Buka Puasa Legendaris Favorit Banyak Orang

By Dwi, Selasa, 21 Maret 2023 | 12:00 WIB
sResep Bubur Sumsum Jagung Ubi yang Manis Dan Gurih Ini Tak Boleh Absen Untuk Jadi Menu Takjil Buka Puasa (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Resep Bubur Sumsum Jagung Ubi, kreasi hidangan jadul dengan rasa manis dan hadir dengan isian yang banyak.

Tak heran kalau kudapan tradisional ini jadi menu buka puasa favorit banyak orang.

Dari pada bingung mau menghadirkan menu takjil apa untuk buka bersama keluarga, segera contek menu legendaris khas Indonesia ini saja.

Waktu: 45 Menit

Sajian: 9 Porsi

Bahan:1 buah jagung direbus, dipipil1.000 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa3 lembar daun pandan, disimpulkan150 gram tepung beras1/2 sendok teh garam

Bahan Bola Ubi:200 gram ubi merah dikukus, dihaluskan225 gram gula merah disisir halus1 lembar daun pandan, disimpulkan1/4 sendok teh garam75 gram tepung sagu500 ml air1/4 sendok teh garam20 gram tepung sagu dan 2 sendok makan air, untuk pengental

Cara Membuat Bubur Sumsum Jagung Ubi:

1. Bubur sumsum: larutkan tepung beras dan garam dengan sebagian santan. Aduk rata.

2. Rebus sisa santan dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Tuang larutan tepung beras. Aduk sampai kental 20 menit.

3. Bola ubi: aduk rata ubi, garam, dan tepung sagu. Bentuk bola-bola. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.

4. Rebus air, gula merah, daun pandan, dan garam sampai gula larut. Masukkan bola ubi. Masak sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai kental.