Hati-hati Ditipu Penjual! Ini Ciri Ikan Mengandung Formalin yang Tak Sadar Sering Dibeli Banyak Orang, Bahaya Kalau Sampai Sering Termakan

By Amelia Pertamasari, Selasa, 11 April 2023 | 12:10 WIB
Perbedaan ikan segar dan berformalin. (Kompas)

SajianSedap.com - Ikan adalah jenis makanan bergizi yang bisa kita jadikan sebagai bahan konsumsi harian.

Ini merupakan bahan makanan yang kaya nutrisi dan sangat baik jika dikonsumsi anak-anak demi membantu tumbuh kembangnya agar lebih maksimal.

Ikan juga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi protein tubuh, selain makan daging dan ayam yang harganya lebih mahal.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bahkan disarankan makan ikan setiap hari.

Tak perlu ikan mahal, seperti ikan salmon, sebab ikan yang banyak ditemui di pasar juga tak kalah kaya nutrisi.

Baik ikan laut atau ikan air tawar, seperti ikan mujair, bandeng, patin, dorang, cakalang, dan masih banyak lainnya, semuanya sama-sama baik untuk tubuh.

Ikan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun pindang. Namun banyak ibu rumah tangga memilih ikan segar karena masih terjaga rasanya.

Namun dalam memilih ikan segar harus tahu mana ikan yang masih benar-benar segar. Sebab tak jarang ada penjual nakal yang menjual ikan berformalin untuk menjaga kesegarannya.

Lihat berikut ini perbedaan ikan berformalin dan ikan segar sebelum membelinya.

Perbedaan Ikan Berformalin dan Masih Segar

Agar lebih hati-hati, berikut ciri ikan segar dan berformalin dikutip dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia kkp.go.id.

Lengkap dengan bahaya untuk kesehatan jika sering mengonsumsi ikan berformalin.

Baca Juga: Buat Stok Menu Buka Puasa, Begini Cara Memilih Kolang Kaling Segar Tanpa Pengawet, Jangan Pilih yang Teksturnya Begini