6 Cara Berbuka Puasa yang Aman dan Praktis untuk Keluarga Selama Bulan Suci Ramadan

By Raka, Selasa, 11 April 2023 | 13:10 WIB
6 Cara Berbuka Puasa yang Aman dan Praktis untuk Keluarga Selama Bulan Suci Ramadan (Kata Oma Telur Gabus)

SajianSedap.com – Ramadan yang selalu menjadi momen paling ditunggu bagi umat muslim ini, juga menghadirkan tantangan di tengah padatnya kegiatan sehari-hari kita.

Selain berpuasa sebagai ibadah bagi yang menjalankannya, juga diperlukan penyesuaian pola makan, termasuk waktu berolahraga, dan tidur yang harus tetap tercukupi agar kondisi tubuh tetap prima.

Pakar kesehatan masyarakat, Widya Fadila, M.KM. menyampaikan paparannya mengenaimenu berbuka puasa yang aman dan memenuhi nutrisi sekaligus praktis dikonsumsi selama Ramadan, pada acara Mammamia edisi spesial Ramadan, Jumat (30/3) lalu di Gedung Unifam Tower, yang juga disiarkan secara online melalui tayangan Zoom.

ENAM ASPEK KEAMANAN PANGAN

Widya menyatakan, mengonsumsi makanan sehat selama beribadah puasa tetap diperlukantubuh.

Makanan sehat merupakan poin penting yang bisa para ibu berikan untuk memastikan setiap anggota keluarga mendapat asupan gizi seimbang yang berkualitas setiap harinya.

Bukan hanya untuk si kecil agar tumbuh kembangnya berjalan optimal, tetapi juga agar setiap anggota keluarga terjamin kesehatannya.

Akan tetapi di zaman yang serba praktis dan dinamis seperti saat ini, kebiasaan para ibu menyiapkan asupan sahur dan berbuka puasa terkadang masih kurang memenuhi keamanan pangan keluarga.

Makanan yang wajib dikonsumsi tak hanya harus bergizi saja, lo, tapi juga harus aman.

Memerhatikan keamanan pangan dalam proses pengolahan dan penyajian tak kalah penting karena terkadang sumber masalahnya justru terletak pada proses pengolahan dan penyajian makanan yang bisa menimbulkan bibit penyakit,” terang Widya.

Ada enam aspek keamanan pangan yang perlu diperhatikan para ibu ketika menghadirkan makanan praktis di meja makan untuk keluarga.

Yaitu pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan jadi, pengangkutan makanan dan penyajian makanan.

Baca Juga: Resep Oncom Goreng Tepung Bumbu Ebi, Menu Sederhana Nan Lezat yang Bisa Dibuat Dengan Bahan Sederhana