Rugi Banget Dibuang ke Selokan, Padahal Kalau Air Rebusan Daging Disiram ke Tanaman di Samping Rumah Bikin Rasakan Manfaat Luar Biasa Ini

By Amelia Pertamasari, Jumat, 30 Juni 2023 | 17:40 WIB
Manfaat air rebusan daging yang dapat menyuburkan tanaman. (Liebherr)

SajianSedap.com - Umat Islam di berbagai belahan dunia sedang merayakan Hari Raya Idul Adha 2023.

Disebut juga dengan lebaran kurban di Indonesia, pada hari raya ini ada tradisi menyembelih daging kurban berupa sapi dan kambing, yang hasilnya kemudian dibagikan kepada sesama.

Daging ini nantinya bisa diolah menjadi berbagai hidangan menu Idul Adha yang nikmat seperti rendang, gulai, rawon, dan banyak lainnya.

Untuk mengolah daging yang teksturnya alot, biasanya daging direbus terlebih dahulu agar empuk sebelum diolah lebih lanjut.

Hasil perebusan akan menghasilkan daging yang empuk dan sisa air rebusan yang baunya sedikit tidak enak sehingga terkadang dibuang begitu saja.

Tapi sebenarnya air bekas rebusan daging tidak dibuang begitu saja.

Sebab, air rebusan daging sapi memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Bagaimana cara memanfaatkannya? Simak berikut ini selengkapnya.

Manfaat air rebusan daging untuk tanaman

Dikutip dari kanal YouTube Channel Nya Kang Japra, dijelaskan bahwa manfaat air rebusan daging sapi untuk tanaman adalah mempercepat pertumbuhannya.

Selain itu, air rebusan daging sapi juga bisa membuat bunga dan buah pada tanaman menjadi lebat.

Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa air rebusan daging sapi mengandung nitrogen, fosfor, kalium, dan lainnya sehingga bermanfaat bagi tanaman.

Baca Juga: Sisa Air Kelapa Jangan Langsung Dibuang, Coba Siram ke Tanah Samping Rumah, Ternyata Ampuh Bikin Hemat Uang Belanja, Kok Bisa?