Srikandi untuk Negeri, Eva Ervina Menyulap Sayur dan Buah Menjadi Kerupuk

By Ersi PW, Jumat, 30 Juni 2023 | 12:30 WIB
Eva Ervina ()

Kerupuk menjadi salah satu teman bersantap yang disukai sebagian besarmasyarakat Indonesia. Ada kerupuk aci, kerupuk bawang, hingga kerupuk udang. Namun apa jadinya jika kerupuk dibuat dari buah dan sayur? Bagaimana yarasanya?

Tentu menyenangkan untuk mencicipinya. Selain itu, ada juga kerupukyang tak kalah unik. Namanya kerupuk kulit singkong.

Rasanya juga tak kalah lezat, lo. Lagi-lagi orang Bandung yang cukup kreatif membuat olahan kerupuk unik ini.

Ada cukup banyak jenis kerupuk buatan Ny. Eva Ervina (31). Dari jajaran sayur, tersedia kerupuk wortel dan seledri. Sementara jenis kerupuk berbahan buah jauh lebih banyak. Mulai dari kerupuk terung, cabai, kacang hijau, jagung, nanas, ubi, tomat, pisang, hingga kentang.

Totalnya ada sekitar 12 macam rasa. Namun yang paling unik adalah kerupuk yang dibuat dari kulit singkong. “Awal usaha kami berawal dari kerupuk kulit singkong ini,” jelas Eva.

Berawal dari hidangan Lebaran Kerupuk kulit singkong ternyata sudah lama dibuat oleh sebagian warga di Soreang secara turun-temurun. Kerupuk ini umumnya disajikan sebagai hidangan khusus saat hari Lebaran tiba.

Pasalnya, kawasan Soreang juga menjadi salah satu lumbung penghasil singkong. Umbi yang sudah dikupas menyisakan kulitnya yang cukup banyak. Daripada terbuang, orang tua pada jaman dulu mengolahnya menjadi kerupuk yang renyah dan lezat, khusus disajikan saat hari raya.

Kulit yang digunakan tentu bukan kulit terluar yang berwarna cokelat, namunkulit kedua yang warnanya putih keunguan. Kerupuk unik ini lantas dibidik untukdijadikan usaha oleh pasangan ini sejak tahun 2006. “Kebetulan kami memilikibanyak saudara di Soreang,” imbuhnya.

Meskipun sangat terkenal di Soreang, namun sayangnya tak ada satu punwarga yang menjualnya. Dari situlah Eva terbersit untuk memproduksi secaramassal dan menjualnya ke masyarakat.

Ia membutuhkan waktu dua bulan untuk bereksperimen menemukan formula yang pas untuk membuat kerupuk kulit singkong ini dalam jumlah banyak. Setelah bekerja keras, akhirnya ia dan suaminya berhasil menciptakan kerupuk kulit singkong sesuai yang diharapkan.

Varian Rasa Buah dan SayuranKeberhasilannya membuat kerupuk singkong menginspirasi pada bahan lainyang tak kalah unik. Yaitu membuat kerupuk dari buah dan sayur. “Padaprinsipnya, membuat krupuk caranya sama saja, kok,” papar Eva.

Kerupuk buah dan sayur Tjap Menak
Sebagai percobaan pertama, Eva memilih wortel untuk dijadikan kerupuk.Bahannya cukup sederhana dan cukup umum. Meliputi tepung tapioka, bawangputih, bawang merah, garam dan sedikit gula. Lalu ditambah bahan buah atausayur yang akan digunakan. Perbandingannya 60 persen tapioka dan 40 persensayur. “Adonan tak ditambah pengawet, penyedap, apalagi pewarna,” tandas Eva.