Gelar Rakernas II IWAPI 2023, Para Pengusaha Perempuan Dorong Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

By Intan Yusan S, Senin, 30 Oktober 2023 | 18:15 WIB
IWAPI gelar Rakernas II pada 24-25 Oktober lalu, di ICE BSD, Tangsel. ()

SajianSedap.com – Ikatan Wanita Pengusaha Muda Indonesia (IWAPI) menyelenggarakan acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II pada 24-25 Oktober 2023 di ICE BSD Nusantara Hall, Tangerang Selatan, Banten.

Kegiatan rakernas ini dihadiri oleh lebih dari 800 anggota IWAPI dari seluruh Indonesia, serta perwakilan dari Malaysia.

Rakernas II IWAPI 2023 yang mengusung tema “Peran Penting IWAPI di Usia ke-48 dalam Mendorong Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2024” ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintahan.

Di antaranya Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu bintang Darmawati, Pendiri IWAPI Dewi Motik;, dan Pelaksana Tugas Harian Kamar Dagang Industri/KADIN Yukki Nugrahawan Hanafi.

Pada kesempatan ini, Nita Yudi, MBA, Ketua Umum DPP IWAPI, menjelaskan bahwa IWAPI terus melakukan pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Terkait hal ini, Nita mengimbau agar para ketua DPD IWAPI terus berjuang melakukan pemberdayaan perempuan di desa-desa.

“Sustainable Development Goals (SDGs) yang harus dicapai pada 2030 melibatkan seluruh sektor pembangunan, termasuk UMKM. Perempuan wirausaha menjadi pelopor yang sangat penting,” tegasnya.

Nita Yudi juga menyampaikan, IWAPI merupakan organisasi para perempuan pengusaha Indonesia dengan anggota berjumlah 30 ribu anggota yang tersebar di 34 provinsi, 255 kabupaten/kota, hingga tingkat kecamatan di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 85% usaha skala kecil dan mikro, 13% usaha skala menengah, dan 2% usaha skala besar.

Baca Juga: “Sajian Sedap Main ke Tetangga” Ajak Srikandi Pintar Indonesia Berkolaborasi Melalui Kursus Masak & Sharing Seputar UMKM Bersama Komunitas Sase Lovers di Tangerang Selatan

IWAPI FOKUSKAN PADA TIGA PROGRAM UTAMA

IWAPI berfokus kepada 3 program, yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM), memperluas jaringan untuk strategi pemasaran, serta mempermudah akses permodalan dari segi keuangan.

“Salah satu misi kami adalah menjadikan perempuan Indonesia mandiri secara ekonomi dan berperan aktif membantu ekonomi keluarga, Masyarakat, serta bangsa dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera,” paparnya.

Pada usia ke-48 yang cukup matang ini, lanjutnya, dengan semangat Inovatif, Inklusif dan Kolaboratif, IWAPI tetap konsisten, eksis ,dan fokus dalam hal pemberdayaan ekonomi Perempuan, serta menjadi bagian dari penggerak roda perekonomian Indonesia.