Trik Melelehkan Cokelat Batangan agar Tidak Menggumpal dan Hasilnya Mengilap, Dijamin Berhasil Pakai 3 Cara Ini

By Amelia Pertamasari, Selasa, 7 November 2023 | 16:40 WIB
Cara melelehkan cokelat agar tidak mudah menggumpal. (AnnekeDeBlok)

SajianSedap.com - Belakangan ini ramai di media sosial tentang jajanan yang dinamakan 'es kulkul'.

Es kulkul buah pada dasarnya adalah buah potong beku yang dicelupkan ke dalam coklat cair, yang nantinya akan beku dan berbentuk seperti es krim.

Rasa buah beku yang segar dan manisnya coklat membuat jajanan viral ini banyak diminati oleh anak-anak dan bahkan orang dewasa.

Untuk membuatnya cukuplah mudah, hanya mencelupkan potongan es buah yang sudah dimasukkan dalam tusukan ke dalam cokelat cair dan menunggunya beku.

Nah, banyak orang juga tertarik mencoba membuatnya sendiri.

Namun ada satu kesulitan yang mereka temui yakni cokelat yang diencerkan sulit sekali encer dengan baik dan ada sedikit gumpalan.

Cokelat yang tidak meleleh dengan baik tentu bisa membuat tampilan es kulkul tidak mulus dan mungkin tidak menarik bagi sebagian orang.

Oleh sebab itu berikut ini kami berikan tips melelehkan cokelat agar hasilnya meleleh dengan baik dan bahkan bisa mengkilap. Yuk simak!

Tips Melelehkan Cokelat

Proses melelehkan cokelat lebih rumit dari sekadar memanaskan semangkuk cokelat dalam microwave atau di atas api kompor.

Peleburan yang tepat dapat melunakkan cokelat agar menjadi mengkilap dan tidak menggumpal untuk digunakan dalam resep makanan.

Berikut cara melelehkan cokelat dengan benar dilansir dari masterclass:

Baca Juga: Resep Puding Moka Cokelat, Dessert Unggulan yang Kenyal Maksimal