Waspada! Mycoplasma Pneumonia Sudah Masuk Indonesia, Ini Cara Menyehatkan Paru-Paru Cukup dengan Makanan Enak Ini

By Amelia Pertamasari, Selasa, 5 Desember 2023 | 19:10 WIB
Makanan untuk menyehatkan paru-paru untuk mencegah penyakit. (Kolase Google)

SajianSedap.com - Pemerintah telah menerima laporan kasus mycoplasma pneumoniae atau pneumonia mycoplasma masuk ke Indonesia. Bakteri penyebab pneumonia tersebut dilaporkan mewabah di China.

Dilansir dari Kompas, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, laporan itu diterima melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Saat ini, pemerintah tengah memverifikasi jumlah kasusnya.

Menghadapi kondisi ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk mencegah dengan dua cara, yaitu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta melakukan imunisasi rutin lengkap pada anak.

Perilaku hidup sehat adalah perlindungan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu tubuh melawan infeksi, termasuk pneumonia.

Salah satu penerapan hidup sehat ini dapat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan menyehatkan.

Tidak perlu makanan sejenis superfood, ada banyak makanan yang dapat kita temukan dan bahkan sering dikonsumsi sehari-hari dapat menyehatkan paru-paru.

Secara khusus ada beberapa makanan yang menyehatkan paru-paru seperti berikut ini.

Yuk simak selengkapnya berikut!

Makanan yang Menyehatkan Paru-paru untuk Cegah Penyakit

Perlu diketahui meskipun makanan sehat tidak secara langsung mencegah pneumonia, nutrisi yang cukup dan seimbang dari makanan dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa nutrisi yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh khususnya paru-paru dapat diperoleh dari makanan sehat meliputi:

Baca Juga: 5 Makanan 'Pembersih' Paru-paru Ternyata Murah, Nomor 2 Sering Dijadikan Bumbu Masakan