Cara Menyimpan Jeruk Mandarin untuk Imlek Agar Tetap Segar, Jangan Biarkan Terbungkus

By Amelia Pertamasari, Kamis, 18 Januari 2024 | 11:10 WIB
Cara menyimpan jeruk untuk sajian imlek. (The Strait Times)

SajianSedap.com - Tahun Baru China atau Imlek akan tiba sebentar lagi. Momen ini menjadi perayaan yang sangat dinantikan orang China di seluruh dunia.

Di Indonesia, Imlek telah ditetapkan sebagai hari libur nasional dan pada tahun 2024 ini dirayakan pada tanggal 10 Februari.

Nah, salah satu hal yang identik dengan perayaan Imlek adalah disajikannya buah jeruk.

Jeruk identik dengan perayaan Imlek karena memiliki makna tersendiri bagi orang Tionghoa. Jeruk dianggap sebagai simbol dari kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuksesan dalam hidup.

Orang Tionghoa akan menyediakan jeruk di hari perayaan Imlek, biasanya berupa jeruk mandarin atau jeruk keprok.

Jeruk akan dikonsumsi bersama keluarga atau tamu yang datang berkunjung ke rumah.

Maka untuk menyajikan jeruk yang enak, selain memilih jeruk yang baik juga harus tahu cara menyimpannya agar tak cepat layu dan mengkerut.

Karena jeruk merupakan salah satu buah yang tidak tahan dengan udara luar sehingga cepat kering.

Untuk mengatasinya, jeruk perlu disimpan dalam tempat yang benar. Dengan penyimpanan yang benar, tentu jeruk akan terasa segar dan awet dalam waktu yang lebih lama.

Dilansir Martha Stewart, para ahli memberitahukan cara menyimpan jeruk yang benar agar rasa dan kesegarannya tak berubah.

Cara menyimpan jeruk

Meskipun berbagai jenis jeruk memiliki rasa, warna, ukuran, dan tekstur yang berbeda, semuanya termasuk dalam keluarga yang sama.

Cara menyimpan jeruk sama untuk sebagian besar varietas, kata Christina Ward, direktur senior di Sunkist Growers. Jeruk dapat disimpan pada suhu kamar atau di kulkas.