Merayakan Gastronomi Indonesia: Serunya Memasak Bambu Bersama Chef Ragil

By Raka, Selasa, 6 Februari 2024 | 15:20 WIB
Melihat langsung proses masak bambu di Merayakan Gastronomi Indonesia (Sajian Sedap/Raka)

SajianSedap.com - Pecinta kuliner wajib datang ke festival Merayakan Gastronomi Indonesia.

Festival ini merupakan kolaborasi Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui AFCP dan proyek Pusaka Rasa Nusantara ini merupakan proyek pertama dalam 20 tahun sejarah AFCP yang fokus pada pelestarian warisan kuliner.

Hibah Duta Besar AS untuk Pelestarian Budaya (AFCP) adalah program yang diprakarsai oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2001 untuk membantu negara-negara melestarikan warisan budaya mereka serta untuk menunjukkan upaya AS dalam melestarikan warisan budaya dan menghormati budaya yang berbeda di seluruh dunia.

Ketua Tim Pusaka Rasa Nusantara Meilati Batubara berharap festival ini dapat memberikan visi baru dalam melestarikan dan merawat warisan budaya gastronomi Indonesia.

Penggunaan kata Gastronomi pada festival ini juga diharapkan Mei dan tim untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa tak cuma dimakan saja, setiap masakan di Indonesia memiliki cerita, mulai dari bumbu sampai bahan masakan yang digunakan.

Mei mengutarakan kepada Sajian Sedap, kalau cukup banyak masakan Indonesia yang sudah mulai langka dan bahkan punah.

Bahan yang sudah sulit ditemukan di alam sampai penggunaan makanan instan menjadi beberapa alasan makanan tersebut kini sulit ditemukan.

Diharapkan dengan adanya Merayakan Gastronomi Indonesia, masyarakat bisa mengetahui makanan dan juga cerita dibaliknya.

Pop up Festival ini digelar pada 2 Februari sampai 11 Februari 2024 di Gedung Ali Sadikin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Ada beragam acara seru dan menarik dalam festival ini.

Salah satunya adalah kegiatan masak bambu.

Baca Juga: Mengenal Kekayaan Kuliner Indonesia Bersama Festival 'Merayakan Gastronomi Indonesia'