Tips Tetap Sehat dan Tidak Mudah Lapar Meski Makan Mi Instan saat Sahur, Menurut Ahli Gizi

By Amelia Pertamasari, Selasa, 19 Maret 2024 | 10:07 WIB
Makan mi instan saat sahur. (Kompas)

SajianSedap.com - Umat muslim saat ini tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa ini dijalankan bagi yang berkewajiban selama satu bulan lamanya.

Agar puasa selama 12-13 jam per harinya kuat dijalankan, penting untuk makan sahur sebelum berpuasa.

Makanan sahur dapat memberikan energi pada tubuh selama berpuasa. Namun penting untuk memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi.

Sampai saat ini masih banyak orang memilih untuk makan mi instan saat sahur karena praktis dan cepat disiapkan.

Saat sahur, waktu untuk makan sangat terbatas karena umumnya sahur dilakukan menjelang waktu subuh.

Mi instan merupakan pilihan yang populer karena dapat disiapkan dalam waktu singkat, cukup dengan mendidihkan air dan menambahkan bumbu ke dalam mi.

Selain itu, mi instan juga memberikan rasa kenyang yang cukup untuk memulai puasa seharian.

Sayangnya, banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa makan mi instan saat sahur atau buka puasa memiliki efek yang buruk bagi tubuh.

Menurut ahli gizi RS Indriati Solo Baru, Rista Yulianti Mataputun, SGz, sahur dengan mi instan sangat tidak dianjurkan karena kandungan gizinya yang tidak cukup untuk menyokong tubuh selama puasa.

Kandungan dalam mi instan hanya mengandung sebagian besar karbohidrat atau kalori yang akan membuat orang yang mengonsumsinya lebih cepat lapar.

Sehingga penting untuk mengisi tubuh dengan bahan-bahan makanan bergizi seimbang seperti sumber energi, protein, lemak, dan serat.

Baca Juga: Butuh Menu Sahur Berkuah Nikmat? Hadirkan Resep Sup Telur Jagung Saja!