Tips Antigagal Memilih Bahan & Mengolah Krim Agar Kue Cantik & Enak dari Chef Talita Setyadi

By Nesya, Kamis, 2 November 2017 | 07:43 WIB
Begini Cara Pantang Gagal Memilih Hingga Mengolah Whipped Cream (Nesya)

SajianSedap.grid.id – Perlu kita ketahui, kenikmatan luar biasa di saat menyantap aneka cake, puding, mousse, atau es krim ternyata terletak pada krimnya, lo. Selain membuat tampilan kue menjadi cantik, cita rasa kue pun semakin sempurna dengan penggunaan krim. Lantas, bagaimana caranya agar krim yang kita gunakan untuk membuat cake, puding, mousse, atau es krim bisa menghasilkan cita rasa yang luar biasa enak?

     Chef Talita Setyadi, Founder and Chef Executive Officer of BEAU Artisan Bread and Patisseries, berbagi tips antigagal mulai dari memilih bahan dasar hingga mengolah krim untuk digunakan pada aneka cake juga dessert. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan krim.

      “Kualitas krim merupakan elemen penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah krim dari susu asli dan jangan gunakan alternatif lain untuk mengganti susu,” katanya saat ditemui di acara Cream of Europe bertajuk “Choosing Quality Cream for Pastry Making”, di Cooking Studio Almond Zucchini, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

      Chef yang memang gemar menggunakan krim di dalam setiap pembuatan cake dan dessert-nya, menguraikan 6 poin penting dalam memilih bahan dasar hingga mengolah krim dengan tepat.

Mengandung susu sapi murni

       Menurutnya, tidak semua krim memiliki cita rasa susu sapi yang kuat. Cita rasa susu sapi yang murni ini mampu menaikkan rasa cake/dessert yang kita buat. Jika salah memilih dan mengolah krim, sudah pasti cake atau dessert yang kita buat tidak akan mendapat sentuhan rasa susu yang maksimal.

       Lantas, bagaimana caranya agar mendapatkan rasa susu yang kuat?

       "Kita harus memilih krim yang memiliki kandungan susu sapi murni hingga 100 persen. Artinya, tidak menggunakan tambahan rasa lain, selain susu murni. Saat hendak membeli krim, jangan lupa perhatikan label kemasannya. Pastikan memilih krim yang mengandung 100 persen susu sapi murni," saran Talita.

(Baca juga: Pie With Cheese Mousse Dome Untuk Saat Istimewa)

Mengandung minimal 35 persen lemak

      Bukan hanya kandungan susu sapi saja yang perlu diperhatikan. Untuk menghasilkan tekstur krim yang sempurna, Talita menyarankan, gunakan krim yang mengandung lemak lebih dari 35 persen. Jumlah kadar lemak ini membuat krim lebih mudah dikocok dan hasilnya terasa lebih creamy.

     Jika krim yang digunakan memiliki kandungan lemak kurang dari 35 persen, dapat dipastikan tekstur krim yang dihasilkan tidak akan sempurna, terutama ketika diolah untuk dessert atau cake, hingga masuk ke dalam mulut yang menyantapnya.