Selama Ini Ditutupi Pedagang! Ternyata Rahasia Mie Yamin Enak Bukan pada Micin, 1 Bahan Ini Wajib Ditambahkan Supaya Manis Gurihnya Bikin Ketagihan

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:10 WIB
Mi ayam yamin ()

SajianSedap.com - Pencinta mi ayam yamin ayo merapat.Kini kita bisa bikin sendiri di rumah, lo.Tenang, rasanya dijamin enak karena resepnya sudah ada dimana-mana.Ditambah lagi, ada tips pasti jadi dari SajianSedap ini.Dijamin tanpa micin pun, mi ayam yamin buatan kita sudah pasti enak.Manis gurihnya bikin ketagihan dengan 1 bahan rahasia ini.1. Minyak Ayam Tetap Harus AdaKunci rasa gurih dan aroma mi ayam ala pedagang ada pada minyak ayamnya. Jadi, mau mi ayam yamin atau mi ayam biasa, minyak ayam ini wajib hukumnya tetap dibuat.

Baca Juga: Terbongkar Rahasia Pedagang, Begini Cara Bikin Siomay Dimsum yang Kenyal dan Bikin Nagih, 1 Bahan Ini yang Harus Ditambahkan

Semua penjual bakmi kebanyakan menggunakan minyak ayam sebagai campuran bumbu racikannya. Yuk, belajar cara membuatnya,1. Sisihkan kulit ayam dagingnya.Bersihkan bulu-bulu yang menempel.2. Cuci sampai bersih lalu potong-potong kulit ayam.3. Siapkan sedikit minyak dalam wajan.Gunakan hanya sedikit saja karena kulit ayam nantinya akan mengelurkan cukup banyak minyak.4. Goreng dengan api sedang sampai kulitnya kering dan renyah.5. Saring kulitnya dan minyak ayam siap digunakan.

Baca Juga: Saking Kinclongnya, Kompor Gas di Rumah Akhirnya Bisa Bersih Lagi, Modalnya Cuma Pakai 2 Bahan Dapur Ini Saja!

Nantinya, minyak ayam ini bisa kita tambahkan sekitar 1 sdm saat meracik bumbu mi ayam.2. Tambahkan Kecap ManisApa yang membedakan mi yamin dan mi ayam biasa?Jawabannya hanya kecap manis.Ya, pada mi ayam biasa, bumbunya antara lain, kecap asin, penyedap, lada, dan minyak ayam. Tapi pada mi ayam yamin, kita tinggal menambahkan sedikit saja kecap manis ke dalam racikan bumbu ini. Untuk takarannya, tambahkan sedikit dulu, kalau dirasa kurang, baru tambahkan lagi. 3. Tumisan Ayam Harus ManisAyam bisa ditumis dalam bumbu asin atau manis.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Ketemu Juga Caranya Bikin Bihun Goreng Mirip Abang-abang, Hasilnya Gak Bakal Menggumpal di Wajan, Pakai 2 Trik Ini saat Dimasak

Yang asin menggunakan kecap asin, yang manis menggunakan kecap manis.Untuk mi ayam yamin, tumisan ayamnya tentu harus ayam kecap manis. Tumisan ayam jangan ditumis sampai kering.Biarkan agak berkuah lalu tuang tumisan berkuah itu di atas mi.Kuahnya akan memberi rasa pada mi ayam yamin. Supaya Mi Goreng Tidak Putus Mi dan bihun yang putus biasanya terjadi akibat diaduk terlalu lama, apalagi jika kita masak dalam jumlah besar untuk buka bersama misalnya.Nah untuk membuat mi dan bihun goreng tetap cantik dan utuh, cara tepat mengolahnya perlu kita perhatikan.1. Rebus mi atau bihun goreng seperti biasa, sampai matang.

Baca Juga: Tak Sengaja Lihat Tetangga Sering Masukkan Kulit Pisang ke Minyak Goreng sebelum Memasak, Setelah Coba Sendiri Efeknya Sungguh Diluar Dugaan, Nyesel Gak Tahu dari Dulu

Untuk bihun, tidak perlu direbus, cukup seduh dengan air hangat.Angkat.Tiriskan di atas baki peniris.2. Dalam kondisi masih panas, segera bumbui dengan kecap manis, kecap ikan, saus tiram dan aneka saus lainnya.Aduk dengan tangan atau spatula sampai rata betul.Sisihkan.3. Jangan menunggu mi atau bihun sudah dingin baru dibumbui.Ketika dingin, mi akan mengeras sehingga jadi sulit diaduk.4. Panaskan minyak dan tumis aneka bumbu seperti bawang putih, sayuran, daging, sosis atau bakso seperti biasanya.

Baca Juga: Pengidap Diabetes Akhirnya Bisa Makan Nasi dengan Tenang, Caranya Cukup Tambahkan Jeruk Nipis dan 1 Bahan Ini, Kadar Gulanya Bisa Turun!

5. Tambahkan garam, gula dan merica bubuk ke dalam tumisan.6. Penting juga untuk menambahkan air sedikit (paling banyak 50 ml) agar bumbu bisa meresap dan mi atau bihun tidak terlalu kering nantinya.7. Saat tumisan sudah matang, segera masukan mi dan bihun yang sebelumnya telah dibumbui.Aduk sebentar saja sampai merata.Cicipi rasanya, kalau sudah pas segera matikan api.Mi dan bihun yang sudah dibumbui terlebih dahulu membuat kita tidak perlu terlalu lama mengaduknya di atas api.Karena itu, cara ini akan membuat mi dan bihun tetap utuh, tidak putus-putus atau malah hancur.Sayangnya cara ini agak sulit dilakukan pada kwetiau karena kwetiau memang harus dimasak agak lama hingga bau mentahnya hilang.Selamat Mencoba.

Baca Juga: Kasih Tahu Ibu-ibu Sekomplek, Kalau Mau Iris Bawang Merah Gak Nangis, Ternyata Modalnya Cuma Lilin, Kok Bisa?