Tak Perlu Beli Baru, Sutil Kayu Bau Tengik dan Tak Enak Bisa Kembali Segar Hanya Digosok-gosok dengan Bahan Dapur Ini, Contek Caranya

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 20 Mei 2023 | 19:40 WIB
Cara membersihkan spatula kayu yang berbau tengik dan tak sedap. (Pixabay)

SajianSedap.com Sutil kayu atau spatula kayu adalah peralatan dapur yang digunakan untuk mengaduk, membalik, atau mengangkat makanan saat memasak.

Biasanya terbuat dari kayu yang kuat dan tahan panas, sutil kayu memiliki ujung datar atau melengkung yang berguna untuk menggoreng, membalikkan daging, atau mengaduk makanan di atas wajan atau panci.

Sutil kayu sering digunakan saat memasak di atas permukaan yang tidak tahan gores, seperti wajan anti lengket atau panci berlapis.

Selain itu, sifat alami kayu juga tidak merusak permukaan peralatan masak yang sensitif.

Sutil kayu menjadi pilihan populer karena keamanannya, kemudahan penggunaan, dan kemampuan untuk mencegah goresan pada peralatan masak.

Meskipun sutil kayu memiliki kelebihan dalam beberapa aspek, ada beberapa kelemahan seprti penyerapan dan retensi aroma yang tinggi.

Ini berarti sutil kayu dapat menyerap dan menyimpan aroma makanan yang dimasak sebelumnya.

Meskipun hal ini dapat memberikan aroma yang khas pada hidangan tertentu, bisa menjadi masalah jika aroma sebelumnya tidak diinginkan pada hidangan yang baru.

Tapi jangan ambil pusing dulu, sebab Anda bisa menghilangkan bau apapun itu pada sutil kayu Anda dengan mudah dengan cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Bau Tengik di Sutil Kayu

Berikut cara menghilangkan noda dan bau pada sutil atau spatula, dikutip dari Hunker.

Anda dapat mencoba menghilangkan noda hitam pada sutil dengan lemon dan garam.

Baca Juga: Cara Membersihkan Spatula Kayu yang Menghitam Agar Tampak Seperti Baru Lagi, Cuma Modal 1 Bahan Dapur Ini Saja