Pantas Orang Jepang Sering Minum, Teh Hijau Ternyata Bikin Tubuh Terhindar dari Banyak Penyakit Kronis Ini, Ajaib Banget!

By Amelia Pertamasari, Kamis, 29 Juni 2023 | 10:10 WIB
Manfaat minum teh hijau untuk kesehatan. (Kayoko Hayashi)

SajianSedap.com - Tradisi minum teh telah menjadi kebiasaan banyak orang di banyak negara di seluruh dunia.

Salah satu jenis teh yang banyak dikonsumsi dan populer di banyak negara seperti Asia Timur dan Asia Tenggara adalah teh hijau.

Di Jepang, minum teh hijau merupakan bagian integral dari upacara teh yang disebut "chanoyu" atau "sado".

Upacara teh ini memiliki aturan dan ritual khusus dalam persiapan dan penyajian teh hijau, dan menjadi simbol budaya Jepang yang kaya.

Sementara di Korea, minum teh hijau juga memiliki peran penting dalam tradisi budaya.

Teh hijau Korea dikenal sebagai "녹차" (nokcha) dan sering disajikan dalam acara-acara khusus seperti pernikahan, upacara peringatan, dan ritual spiritual.

Di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, dan Vietnam, teh hijau juga memiliki popularitas yang tinggi.

Teh hijau disajikan dalam berbagai acara sosial dan keluarga, dan sering dianggap sebagai minuman yang menyegarkan dan sehat.

Tapi tahukah Anda bahwa di balik rasanya yang menyegarkan dan nikmat, teh hijau menyimpan banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan? Simak berikut penjelasannya.

Manfaat Kesehatan Teh Hijau

Mengutip Healthline, teh hijau disebut sebagai minuman paling sehat di dunia karena membawa sifat antioksidan tingkat tinggi dari polifenol, termasuk katekin (epigallocatechin-3-gallate/EGCG).

EGCG adalah salah satu senyawa paling kuat dalam teh hijau. Penelitian telah menguji kemampuannya untuk membantu mengobati berbagai penyakit.

EGCG tampaknya menjadi salah satu senyawa utama yang memberikan teh hijau sifat obat. Teh hijau juga memiliki sejumlah kecil mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.