Upaya Pelestarian Budaya Asli Kuliner Indonesia Melalui Pop Up Museum “Merayakan Gastronomi Indonesia” Resmi Digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta

By Intan Yusan S, Jumat, 2 Februari 2024 | 13:51 WIB
"Merayakan Gastronomi Indonesia" resmi dibuka Jumat (2/2) di TIM, Jakarta. ()

Sajiansedap.com – Demi mewujudkan upaya preservasi budaya gastronomi Indonesia, Pusaka Rasa Nusantara mengadakan festival bertema “Merayakan Gastronomi Indonesia”.

Kegiatan ini merupakan sebuah perayaan inklusif dan terbuka bagi umum,. Semua orang yang hadir dapat berinteraksi dengan berbagai varian kegiatan serta konten yang berkaitam dengan Gastronomi Indonesia.

Perayaan ini dilaksanakan mulai tanggal 2 Februari hingga 11 Februari 2024, berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat. Sajian Sedap menjadi salah satu media partner acara ini.

Pusaka Rasa Nusantara merupakan sebuah proyek yang dilakukan Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, didukung oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui program Ambassadors Fund for Cultural Preservation (AFCP) dari Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta.

Ambassador’s Fund for Cultural Preservation adalah program dana hibah internasional dari Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat yang mendukung preservasi situs arkeologi, bangunan dan monumen bersejarah, koleksi museum, serta berbagai bentuk ekspresi budaya seperti bahasa dan karya.

Baca Juga: Asal-usul Ayam Betutu, Sajian Kaya Rempah Khas Bali yang Mendunia

Baca Juga: Rujak Kuah Pindang, Kuliner Khas Bali yang Disebut Mirip dengan Som Tam Asal Thailand

Merayakan Gastronomi Indonesia.

Mengarusutamakan Gagasan & Nilai Kultur Gastronomi Indonesia

Amerika dan Indonesia memiliki kesamaan dalam tradisi budaya yang kaya dan beragam. Pusaka Rasa Nusantara adalah proyek pertama dalam sejarah 20 tahun AFCP, yang berfokus pada preservasi warisan kuliner dan tradisi makanan.

Melalui riset, eksplorasi lapangan, dokumentasi buku dan video, proyek ini telah menyatukan kekayaan sejarah kuliner yang memiliki ikatan erat dengan nilai-nilai budaya dan kontribusi terhadap keberlangsungan lingkungan.

Merayakan Gastronomi Indonesia bertujuan mengarusutamakan gagasan dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam gastronomi Indonesia kepada generasi muda.

Beragam nilai dan gagasan tersebut dewasa ini menjadi sangat relevan bagi gaya hidup yang berkelanjutan (sustainability).