4 Efek Buruk yang Bisa Terjadi pada Tubuh Jika Jarang Makan Ikan, Waspada Dari Sekarang

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 2 Maret 2024 | 18:57 WIB
Efek buruk dari jarang makan ikan. (Kompas)

SajianSedap.com - Kita sering disarankan untuk mengonsumsi ikan secara rutin.

Ini karena ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang luar biasa.

Ini termasuk protein, asam lemak omega-3, rendah lemak, dan berbagai kandungan mikronutrien lainnya.

Utamanya asupan omega 3 dari ikan membantu mengurangi risiko gangguan irama jantung, sumbatan pembuluh darah, serta kadar trigliserida atau lemak darah.

Kandungan omega 3 pada makanan ini juga membantu mengurangi inflamasi atau peradangan, dan memiliki efek baik pada tekanan darah.

Sayangnya, ikan jarang masuk dalam daftar makanan favorit karena sejumlah alasan, termasuk bau amis dan duri yang banyak.

Nah, hal ini bisa memberi efek buruk pada tubuh karena banyak nutrisi tubuh tak tercukupi seperti berikut ini. Yuk simak!

Efek Buruk Jarang Makan Ikan

American Heart Association menyarankan makan dua porsi ikan seminggu untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi ikan diiringi asupan sumber energi seperti nasi serta zat pengatur termasuk buah dan sayuran juga menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Efek buruk tidak pernah makan ikan sendiri sebagian besar disebabkan oleh terlewatnya banyak kandungan nutrisi penting pada bahan pangan ini.

Orang yang jarang makan ikan mungkin tidak akan kekurangan asupan protein karena zat ini mudah didapat dari makanan lain.

Baca Juga: Sehat Tapi Air Kelapa Ternyata Bisa Timbulkan 5 Efek Buruk Ini Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak