Rekomendasi 5 Makanan Pereda Diare yang Murah Meriah

By Idam Rosyda, Minggu, 17 Maret 2024 | 18:03 WIB
makanan pereda diare (freepik)

SajianSedap.com - Diare adalah kondisi di mana seseorang mengalami buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya dan fesesnya menjadi encer.

Biasanya, diare disertai dengan gejala lain seperti kram perut, mual, muntah, atau demam ringan.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit yang masuk ke saluran pencernaan, atau karena konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Diare bisa menjadi masalah ringan yang berlangsung hanya beberapa hari atau menjadi kondisi yang lebih serius, terutama jika tidak diobati, karena dehidrasi bisa terjadi akibat kehilangan cairan yang signifikan melalui feses yang encer. 

Diare biasanya diobati dengan meningkatkan asupan cairan untuk mencegah dehidrasi, mengonsumsi makanan ringan yang mudah dicerna.

Berikut ini adalah beragam pilihan makanan yang baik dikonsumsi saat diare.

Apa saja sih?

Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi saat Diare

1. Buah pisang

Melansir Very Well Health, buah pisang bertekstur lunak dan mudah dicerna, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan.

Buah pisang juga merupakan sumber potasium yang sangat baik, elektrolit penting yang dapat hilang saat seseorang mengalami diare.

Tak hanya itu, pisang merupakan sumber pektin yang baik.

Pektin adalah sejenis serat larut air yang dapat menyerap kelebihan cairan dalam usus dan memperlambat pergerakan feses.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Buah Kalengan yang Sudah Dibuka untuk Membuat Es Buah Buka Puasa