Satu Tahun Recycle for Good, Sukses Ubah Perilaku Masyarakat Mengurangi Sampah Makanan

By Raka, Sabtu, 6 April 2024 | 20:05 WIB
Penempatan sampah daur ulang dalam program Recycle for Good (SIG)

SajianSedap.com - Pada bulan Maret 2023, program Recycle for Good di Indonesia mulai dijalankan oleh SIG, sebuah penyedia solusi kemasan terdepan dengan portfolio unik seperti karton aseptik, bag-in-box dan spouted pouch, bersama dengan SIG Foundation.

Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan perubahan perilaku, mengajak masyarakat untuk membawa sampah daur ulang mereka ke titik pengumpulan dan menjalani kegiatan yang mendukung ekonomi sirkuler.

Program Recycle for Good berawal dari drop point yang berlokasi di mal Cibubur Junction, Jakarta Timur, yang mengajak Masyarakat umum untuk datang dan membawa sampah daur ulang yang telah mereka kumpulkan.

Satu tahun setelah peluncurannya, lebih dari 770 keluarga telah mengumpulkan lebih dari 11.700 kilogram sampah daur ulang.

Sekarang, SIG memperluas jangkauan program Recycle for Good melalui kolaborasi dengan Armada Kemasan sebagai mitra pengolahan sampahnya untuk menambah jumlah titik pengumpulan, dari satu titik di Cibubur Junction menjadi 151 titik di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“SIG menargetkan untuk mendapatkan hasil positif di seluruh rantai nilainya. Pada tahun 2030, SIG berupaya untuk mengurangi separuh dampak lingkungannya dan melipatgandakan manfaatnya bagi Masyarakat. Hari ini, SIG bangga bisa mengumumkan perluasan program Recycle for Good. Tahun lalu, kami mendirikan satu titik pengumpulan di Cibubur Junction, yang memberikan hasil baik dengan dampak positif yang terukur.

Sekarang, kami ingin meningkatkan dampak program ini, di mana kami berkolaborasi dengan Armada Kemasan, salah satu mitra lama SIG, dalam menyediakan lebih banyak titik pengumpulan di mana masyarakat dapat membawa sampah daur ulang yang telah mereka kumpulkan. Jika dengan satu titik pengumpulan kita bisa menghasilkan dampak yang positif selama setahun terakhir, bayangkan apa yang bisa kita hasilkan dengan 150 titik tambahan di seluruh Jakarta,” ujar Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, Vietnam and Philippines at SIG

“Sampah merupakan tantangan global yang signifikan. Melestarikan habitat alami untuk generasi berikutnya adalah salah satu tujuan utama SIG Foundation. Oleh karena itu, kami gembira bahwa SIG memimpin inisiatif Recycle for Good di Indonesia. Dengan memperluas program ini, SIG secara aktif berkontribusi terhadap upaya daur ulang dan mengurangi limbah dengan memasukkan Kembali bahan-bahan yang dapat didaur ulang ke dalam siklus,” kata Holger Dickers, Managing Director SIG Foundation. 

“Sebagai mitra pengelolaan sampah yang telah lama bekerja sama dengan SIG, Armada Kemasan bangga bisa menjadi bagian dari program Recycle for Good milik SIG. Kami percaya bahwa dengan berpartisipasi pada program Recycle for Good, masyarakat dapat mulai mengambil langkah untuk menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dengan melakukan hal-hal sederhana seperti memilah sampah daur ulang di rumah dan membawanya ke titik pengumpulan kami.

Bersama SIG, Armada Kemasan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan kami mengajak masyarakat Indonesia untuk menemukan titik pengumpulan Recycle for Good terdekat dan mulai mengumpulkan sampah, yang nantinya akan didaur ulang menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat,” ujar Arnold Abdi, Managing Director, Armada Kemasan.

Program Recycle for Good adalah bagian dari roadmap SIG untuk menjadi bisnis net positive, yang mengembalikan kepada masyarakat dan bumi lebih dari yang diambilnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau di Tempat Sampah Tanpa Dicuci, Cuma Tabur 1 Bahan ini Saja