Sukses Membuat Cake Jepang ala Bakery dengan Rasa dan Tekstur Sempurna

By dina, Rabu, 29 Maret 2017 | 11:13 WIB
Sukses Membuat Cake Jepang ala Bakery dengan Rasa dan Tekstur Sempurna (dina)

       SajianSedap.Grid.ID – Yuk, belajar membuat cake jepang ala bakery ternama. Cake jepang punya tekstur yang lembut, lembab, lentur, dan halus pori-porinya. Ciri khas ini didapat bukan karena tambahan bahan kimia, tetapi lebih akibat prosedur pembuatan atau teknik pembuatan. Mari kita lihat rahasia pembuatannya.

Lebih Banyak Kuning Telur

      Pemakaian kuning telur yang lebih banyak membuat cake lebih lembut

Dikocok Sambil Diuapi

      Wadah berisi telur dan gula ditaruh di atas panci yang berisi air mendidih. Lantas telur dikocok sembari diuapi. Selama pengocokan, api harus mati. Teknik seperti ini sebetulnya dilakukan di mana-mana. Konon telur yang dikocok dengan temperatur 35 – 40 derajat Celsius akan mengembang sempurna.

Baca juga: Resep Chocolate Cotton Cake

Pengocokan Tempo Lambat

       Telur dan gula dikocok dengan kecepatan paling rendah. Cara ini menghasilkan kue dengan pori-pori yang halus.Tetapi tentu saja butuh waktu yang lama untuk bisa mengembangkan kue.

Margarin Dicairkan Sampai Mendidih

      Teknik pembuatan cake jepang lain yang berbeda adalah ketika mencairkan margarin. Kalau selama ini kita mencairkan margarin hanya asal larut, orang Jepang justru mencairkan margarin sampai mendidih. Setelah itu margarin dibiarkan sebentar lalu dituang ke dalam adonan cake. Temperatur margarin ketika dituang adalah 80 derajat Celsius.

Baca juga: Japanese Water Cake

Kombinasi Teknik Chiffon dan Saus