Cara Mudah Memanfaatkan Sisa Makanan Lebaran, Buat Jadi Aneka Masakan Lezat Ini, Yuk!

By dina, Rabu, 28 Juni 2017 | 10:46 WIB
Cara Mudah Memanfaatkan Sisa Makanan Lebaran (dina)

      SajianSedap.Grid.IDMemanfaatkan sisa makanan lebaran? Ternyata mudah saja, lho. Kuncinya adalah kreativitas kita. Satu atau dua hari setelah perayaan Lebaran, bisa jadi Anda memiliki banyak sisa masakan. Entah itu opor atau sambal goreng.

      Tamu memang masih banyak, tetapi tak mungkin lagi menyuguhkan masakan sisa tersebut. Jangan dibuang. Mari ciptakan kue untuk suguhan para tamu yang masih berdatangan.

(Baca juga: Skotel Brokoli Sedap Ini Membuat Menu Makan Malam Jadi Enggak Membosankan)

Skotel Gulai Ayam

      Rebus makaroni sampai matang. Tumis bersama ayam sisa gulai, tepung terigu, dan kuah gulai. Aduk hingga licin. Angkat dan tambahkan telur. Aduk rata. Tuang di loyang almunium yang dioles margarin. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius 40 menit bersama saus keju dan keju parut.

Pastel Tutup Isi Opor Ayam

      Campur kentang, susu bubuk, garam, merica bubuk, pala bubuk, gula, kuning telur, mentega, dan keju parut. Aduk rata. Tata setengah bagian di dasar pinggan tahan panas yang dioles margarin. Tuang campuran suwiran ayam opor, sayur campur, dan soun ke atas kentang. Tutup dengan sisa kentang. Oles dengan kuning telur. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius 30 menit sampai matang.

(Baca juga: Shepherd Pie, Pastel Tutup Kentang Yang Pas Untuk Sarapan)

Fetucinni Cream Rendang

      Panaskan margarin. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan daging dan bumbu rendang. Aduk rata. Masukkan susu cair, cooking cream, dan garam. Masak sampai mendidih. Tambahkan fetucini rebus setengah matag. Aduk rata. Matikan api. Masukkan kuning telur. Aduk sampai rata. Nyalakan api. Masak sampai meletup-letup.

(Baca juga: Omelet Rendang, Cita Rasa Unik & Mewah Omelet Yang Wajib Coba)

Ifumi Daging Kari