SajianSedap.com – Dari hiruk pikuk jajanan kaki lima hingga dapur rumahan yang sarat aroma rempah, kuliner Indonesia yang kaya rasa, budaya, dan tradisi terus dirayakan para pecinta kuliner, termasuk di TikTok.
Mulai dari rekomendasi hidangan khas daerah, lokasi restoran terbaru untuk dikunjungi, hingga resep masakan praktis untuk dicoba bersama keluarga di rumah.
Komunitas pecinta kuliner lantas datang kepada TikTok untuk menemukan, berbagi, dan merayakan warisan kuliner Indonesia yang beragam.
Komunitas kuliner yang autentik dan penuh semangat ini menjadi alasan TikTok meluncurkan kampanye dan festival kuliner pertama bertajuk #FoodFestOnTikTok, didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
Selain menyediakan tempat untuk mempertemukan komunitas kuliner, Pemprov DKI Jakarta juga akan membawa 30 UMKM kuliner binaannya untuk menyajikan hidangan lezat mereka di #FoodFestOnTikTok.
"Setiap hari, komunitas dan kreator pencinta kuliner berbagi cerita, ide, dan inspirasi tentang masakan lokal secara kreatif di TikTok,” ujar Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.
Mulai dari jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, lanjut Faris, masyarakat dapat menjelajahi konten kuliner dari seluruh Indonesia lewat laman Untuk Anda (FYP).
Banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di latform Tiktok.
“Kampanye #FoodFestOnTikTok menjadi cara kami untuk merayakan kuliner Nusantara yang sangat kaya bersama komunitas TikTok di Indonesia," jelas Faris lagi.
Baca Juga: Resep Sambal Goreng Hati Krecek, Menu Rumahan Untuk Lauk Tumpeng yang Pasti Disuka
Baca Juga: Tak Butuh Waktu Lama Membuat Resep Lemper Opor Ayam, Bisa Ludes Begitu Disajikan
Promosikan Kuliner Indonesia Melalui Kegiatan Seru
Kampanye #FoodFestOnTikTok ingin mendorong komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia, tak hanya mengonsumsi konten tapi juga aktif berpartisipasi mempromosikan kuliner Indonesia.
Hal ini dapat dilakukan melalui serangkaian kegiatan seru, di antaranya:
Para pengguna diajak untuk aktif berpartisipasi mempromosikan lansekap kuliner Indonesia yang beragam, melalui tantangan tagar #FoodFestOnTikTok.
Untuk mengikuti tantangan ini, pengguna perlu mengunggah video berdurasi minimal 60 detik ke TikTok dengan menggunakan fitur 'tag lokasi' (location tagging) dan menyertakan tagar #FoodFestOnTikTok.
Tiga kreator dengan konten kuliner paling kreatif berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp7,5 juta. Periode tantangan ini berlangsung dari 6 Mei-6 Juni 2024.
TikTok juga memberi kemudahan bagi pengguna untuk menjelajahi beragam konten kuliner, salah satunya melalui #FoodFestOnTikTok Hub.
Pengguna dapat menemukan rekomendasi kuliner nusantara, kreator kuliner dari berbagai kota di Indonesia, serta restoran yang paling banyak disukai para pengguna di TikTok.
Untuk mengakses laman #FoodFestOnTikTok Hub, pengguna cukup melakukan pencarian dengan kata kunci 'Food Fest on TikTok' atau 'Serunya Kuliner'.
Untuk pertama kalinya di Indonesia, TikTok akan menghadirkan festival kuliner bertajuk #FoodFestOnTikTok yang akan berlangsung pada 25-26 Mei 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.
Didukung Pemprov DKI Jakarta, festival kuliner #FoodFestOnTikTok yang mengangkat tema "Rasa Nusantara" akan membawa kekayaan kuliner lokal.
Cita rasa yang biasa menyapa para pengguna di laman 'Untuk Anda', untuk dapat dicicipi langsung oleh para penikmat kuliner yang hadir.
Nikmati kuliner lokal sajian lebih dari 80 pelaku usaha kuliner dengan lebih dari 20 experience zone, penampilan musik dari Adrian Khalif, Stevan Pasaribu dan Teddy Adhitya.
Serta bincang-bincang kuliner seru bersama kreator kuliner Ivyfeb dan Mgdalena.
Baca Juga: Resep Pastel Lapis Rendang yang Renyah Ini Hadir dengan Dobel Kelezatan
Baca Juga: Pasti Kenyal dan Lumer di Mulut, Ini Dia Trik Jitu Membuat Klepon untuk Takjil Berbuka Puasa
Ajak Masyarakat Rayakan Cita Rasa Kuliner Nusantara
"Sejalan misi Pemprov DKI untuk mendukung program yang menunjang pariwisata dan memberdayakan UMKM, kami bersemangat membawa 30 UMKM kuliner binaan ke festival jajanan #FoodFestOnTikTok,” Elisabeth Ratu Rante Allo, Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra kolaborasi untuk acara #FoodFestOnTikTok.
Kesempatan yang diberikan TikTok melalui festival ini, lanjutnya, dapat membuka peluang baru bagi UMKM dan menjadi sarana efektif dalam mempromosikan usaha mereka, dengan dukungan komunitas penggemar kuliner TikTok yang kreatif dan antusias.
"Kami harap festival kuliner dari TikTok ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para kreator makanan, usaha kuliner lokal dan UMKM bersama komunitas TikTok,” imbuh Faris.
Tujuannya, agar bisa saling terhubung dan berkreasi secara tatap muka. Pihaknya juga mengundang semua masyarakat untuk ikut merayakan cita rasa kuliner Nusantara di #FoodFestOnTikTok pada 25-26 Mei mendatang.
Untuk informasi lebih lanjut terkait berbagai keseruan kuliner yang dihadirkan TikTok lainnya, kunjungi laman #FoodFestOnTikTok.
5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Serba Minuman, Dijamin Otentik dan Enak Banget
Penulis | : | Intan Yusan S |
Editor | : | Intan Yusan S |
KOMENTAR