Spesial Saji-Sedap, Singgah Sejenak di Kota Bogor Sambil Berburu Oleh-oleh Lezat di Kota Hujan

By Virny Apriliyanty, Rabu, 6 Januari 2021 | 13:15 WIB
Soto Mi Kesatuan Surya Kencana, salah satu kuliner Bogor yang dikunjungi di Jelajah Gizi 2019 (SajianSedap.com/Lena Astari)

SajianSedap.com - Suntuk selama pandemi dan butuh liburan? Staycation bisa jadi pilihannya.

Tak usah jauh-jauh dulu. Misalnya, ke kawasan Puncak.

Nah, mumpung lumayan dekat, sempatkan mampir ke Bogor.

Soalnya, tak hanya asinan atau roti unyil yang bisa dijadikan bekal dan oleh-oleh dari Bogor, lo.

Masih ada gepuk karuhun, apple pie, kue sus, hingga roti konde.

Baca Juga: Spesial Saji-Sedap, Kuliner Manado Bukan Cuma Ikan Rica-rica, Cicipi Juga 4 Kuliner Sedap dari Belut Woku sampai Ayam Tuturga

Baca Juga: Spesial Saji-Sedap, Bernostalgia dengan Hidangan Kuno di Kota Solo, Dari Timlo sampai Leker Isi Pisang nan Renyah

1. Gepuk KaruhunJl. Sukasari I No. 12ATelp (0251) 8375444Rumah makan ini punya oleh-oleh andalan yang wajib ditenteng jika Anda berwisata ke Bogor. Rasanya belum lengkap ke Kota Hujan tanpa mencicipi menu yang ditawarkan sejak tahun 1998 ini. “Dulu awalnya kami ingin membuat oleh-oleh yang berbeda dengan yang sudah ada di Bogor,” terang Metha A. Permatasari (35), Manajer Marketing Gepuk Karuhun.

Usaha yang dirintis oleh Ny. Ana Tarjono ini ternyata disambut dengan baik, bahkan dalam perkembangannya membuat gepuk karuhun menjadi salah satu oleh-oleh favorit di Bogor.

Gepuk karuhun punya gaya penyajian berbeda dengan gepuk di Jawa Barat pada umumnya. Jika biasanya bentuknya tipis melebar, gepuk karuhun justru tampil lebih gempal. Potongannya tebal berbentuk kotak. Lalu diselimuti sejenis abon sapi yang tebal, plus taburan bawang goreng. Namun saat dicuwil, serat dagingnya begitu mudah terkoyak. Teksturnya empuk dan rasa gurih yang meresap ke dalam daging. Rupanya daging diolah tipis terlebih dulu, lalu baru dibentuk menjadi kotak. “Jadi teksturnya tetap dalam kondisi bagus dan rasanya lezat,” imbuhnya.