Spesial Saji-Sedap, Bernostalgia dengan Hidangan Kuno di Kota Solo, Dari Timlo sampai Leker Isi Pisang nan Renyah

By Virny Apriliyanty, Kamis, 19 November 2020 | 13:45 WIB
Timlo ()

Spesial Saji-Sedap, Bernostalgia dengan Hidangan Kuno di Kota Solo, Dari Timlo sampai Leker Isi Pisang nan Renyah

SajianSedap.com - Selain menyimpan kekayaan seni dan budaya, Solo juga menyimpan warisan kuliner kuno yang bertahan hingga saat ini.

Maka tak heran jika beberapa hidangan menyimpan jejak sejarah dan memiliki nostalgia tersendiri bagi mereka yang ikut merasakan sejarah kuliner di Solo.

Misalnya, Rumah Makan Timlo Solo yang sudah berusia lebih dari 30 tahun.

Sempatkan pula mencicipi legitnya kue leker Notosuman hingga abon tertua di Solo nan legendaris.

Yuk, kita mulai acara jalan-jalan kita!

Baca Juga: Spesial Saji-Sedap, Berburu Kuliner Unik Khas Lombok Selain Ayam Taliwang, Ada Iga Sapi Asam Pedas sampai Nasi Ayam Bakar Super Pedas

Baca Juga: Spesial Saji-Sedap, Isi Long Weekend dengan 4 Kuliner Bandung Super Enak Ini! Ada Menu Khas Bumi Parahyangan

1. Rumah Makan Timlo Solo

Jl Jend Urip Sumoharjo No. 94 Telp. (0271) 646180

Rumah makan ini tergolong salah satu legenda kuliner di kota Solo. Bangunan kunonya tetap dipertahankan seolah ingin bertutur langsung soal sejarah panjang dalam perjalanan usahanya. “Rumah Makan Timlo Solo sudah berdiri sejak tahun 1979,” terang Astrid Dewi Nur Chandra atau Ibu Meni (53), penerus usaha ini.

Yuk, kita langsung saja mencoba menu yang ditawarkan.

Sesuai namanya, sudah tentu menu timlo yang jadi andalan. Anda bisa menikmati 2 pilihan timlo solo yang wajib dicicipi jika sedang mampir ke Solo. Pilihannya ada timlo biasa maupun timlo komplet. Untuk timlo biasa berisi sosis solo yang dibuat dari gulungan terigu dan telur dengan kuah berbumbu bawang putih yang melimpah.

Ciri khas timlo di rumah makan ini terletak pada sambal kecap yang diracik dari campuran bawang merah goreng yang dihaluskan plus irisan cabai rawit. Saat dicampurkan dengan kuah timlo menimbulkan sensasi rasa segar dan gurih yang bikin ketagihan.