Tak Sengaja Intip Tukang Masak di Warteg Rendam Cumi Asin dalam Air Hangat Sebelum Dimasak, Efeknya Pas Coba Langsung Ketagihan

By Virny Apriliyanty, Jumat, 21 Januari 2022 | 09:50 WIB
Cumi asin (Tokopedia)

SajianSedap.com - Cumi asin memang terkenal jadi sajian yang bisa menghabiskan banyak nasi.Soalnya, rasa asinnya pas banget dipadukan dengan nasi putih hangat.Tapi, cumi asin di restoran rasanya biasanya lebih enak ketimbang buatan di rumah, ya ?Tentu saja karena ada cara khusus mengolahnya, lo.Coba deh rendam dulu dengan air panas sebelum dimasak.Efeknya dijamin bikin seisi rumah ketagihan.Cara Mengolah Cumi Asin Supaya Empuk1. Pilih Cumi Berkualitas BaikSaat membelinya, pastikan cumi asin benar-benar bertekstur kering.

Baca Juga: Saking Kinclongnya, Kompor Gas di Rumah Akhirnya Bisa Bersih Lagi, Modalnya Cuma Pakai 2 Bahan Dapur Ini Saja!

Hati-hati dengan cumi asin bertekstur lembek atau basah.Soalnya bisa jadi proses pengolahannya melibatkan bahan-bahan kimia.Selain itu, cumi asin yang basah juga bisa jadi sarang binatang-binatang kecil.Cumi asin yang tepat juga harus berbau gurih dan bukannya tengik.Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!2. Rendam Di Air PanasAgar cumi kita memiliki tekstur dan rasa yang pas, rendamlah dahulu di air panas selama 10 hingga 15 menit.

Cumi Asin Tomat Hijau
Air panas akan membantu menghidrasi cumi kembali.Hal itu akan membuat tekstur cumi asin jadi lembut dan kembali seperti cumi segar yang empuk.

Baca Juga: Ketemu Juga Caranya Bikin Bihun Goreng Mirip Abang-abang, Hasilnya Gak Bakal Menggumpal di Wajan, Pakai 2 Trik Ini saat Dimasak

Selain itu, proses ini bisa membantu menghilangkan kandungan garam berlebih yang digunakan untuk mengawetkan dan mengeringkan cumi ini.Rasa asinnya pun akan berkurang.Setelah diseduh dengan air panas, bilaslah kembali cumi di air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang tertinggal.3. Goreng SebentarNah, untuk memberikan tekstur, cumi asin harus kita goreng sebentar. Ingat, minyak yang digunakan setelah menggoreng cumi asin akan jadi sangat kotor sehingga harus segera dibuang. Jadi, jangan pakai minyak banyak untuk menggoreng cumi asin, ya. Cumi asin juga tidak perlu terendam minyak seluruhnya. Asal sering dibalik, cumi asin juga bisa rata matangnya walau hanya pakai sedikit minyak.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Tak Sengaja Lihat Tetangga Sering Masukkan Kulit Pisang ke Minyak Goreng sebelum Memasak, Setelah Coba Sendiri Efeknya Sungguh Diluar Dugaan, Nyesel Gak Tahu dari Dulu

Selain itu jangan lupa, goreng sebentar saja karena makin lama, cumi jadi makin alot.Bumbu Balado untuk Cumi AsinNah, kalau sudah diolah, sekarang tinggal bikin bumbu baladonya. Berikut ini, tips membuat bumbu balado seenak warteg1. Bumbunya Wajib Pakai Gula MerahKarena berasa dari Jawa, ayam balado ala warteg punya sedikit rasa manis. Nah, rasa manis itu berasal dari tambahan gula jawa pada sambelnya. Jadi, bumbu utama ayam balado ala warteg adalah bawang merah, bawang putih, cabai, tomat dan gula jawa. Untuk cabainya, biasa ditambahkan cabai merah keriting dan sedikit saja cabai rawit.

Baca Juga: Pengidap Diabetes Akhirnya Bisa Makan Nasi dengan Tenang, Caranya Cukup Tambahkan Jeruk Nipis dan 1 Bahan Ini, Kadar Gulanya Bisa Turun!

Cabai merah keriting akan memberikan warna yang cantik merah, tapi tidak ada terlalu pedas. Sedangkan, yang suka pedas boleh menambahkan cabai rawit agak banyak. 2. Tomat Bikin Sambal Balado Jadi BecekNah, suka ayam balado yang nyemek-nyemek bumbunya? Kalau begitu tomat yang cukup banyak juga wajib ditambahkan. Tomat akan membuat bumbu jadi terasa kental tapi juga nyemek-nyemek. Selain itu, akan ada sedikit dorongan rasa segar dan asam. Enak banget.3. Jangan Masak Lama

Baca Juga: Kasih Tahu Ibu-ibu Sekomplek, Kalau Mau Iris Bawang Merah Gak Nangis, Ternyata Modalnya Cuma Lilin, Kok Bisa?