Pantas Resto Chinese Food Kalau Masak Cumi Bisa Empuk dan Tidak Bau Amis, Ternyata Sebelum Masuk Wajan Harus Dicuci Pakai 1 Bahan Ini

By Amelia Pertamasari, Rabu, 30 Agustus 2023 | 14:40 WIB
Cara masak cumi agar tidak amis dan keras. (Kolase Freepik)

SajianSedap.com - Cumi adalah salah satu seafood yang populer di Indonesia.

Bahan makanan ini dapat diolah menjadi beragam hidangan yang nikmat dengan tekstur kenyal dan rasanya yang gurih, membuat ketagihan penikmatnya.

Untuk mendapatkan olahan cumi-cumi pun cukuplah mudah, banyak rumah makan menjualnya, utamanya di restoran chinese food.

Beberapa olahan cumi-cumi yang populer seperti cumi goreng mentega, cumi goreng lada garam, cumi saus Padang, dan masih banyak lainnya.

Adapun untuk membuat hidangan tersebut sebenarnya cukuplah mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Namun yang penting diperhatikan adalah untuk membuat hasilnya tidak amis dan keras.

Sebab daging cumi rawan menjadi alot. Dimasak terlalu sebentar cumi akan alot, dimasak terlalu lama cumi juga akan alot seperti karet.

Belum lagi bau amisnya sendiri, seperti seafood pada umumnya.

Untungnya ada tips untuk mengolah cumi agar tidak keras dan bau amis. Simak berikut ini selengkapnya.

Cara Mengolah Cumi agar Tidak Amis dan Keras

Tentunya, dalam memasak cumi, kamu perlu membersihkan bagian tubuh cumi dengan tepat supaya tidak meninggalkan aroma yang amis. 

Tapi tak hanya itu saja, ada tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hidangan cumi empuk dan bebas bau amis seperti berikut.

Baca Juga: Cara Masak Kikil Agar Bebas Bau Amis Sekaligus Cepat Empuk, Ternyata Cukup Direbus Bersama dengan Bahan Dapur ini