5 Makanan Ini Bisa Bantu Membersihkan 'Darah Kotor', Plus Bantu Buang Racun yang Bikin Penyakit dalam Tubuh

By Amelia Pertamasari, Senin, 11 September 2023 | 17:05 WIB
Makanan untuk membersihkan darah kotor. (Kolase Freepik dan Unsplash)

SajianSedap.com - Darah memainkan peranan penting dalam tubuh manusia.

Fungsi darah bagi tubuh yang utama adalah mengangkut oksigen dan karbon dioksida untuk menunjang sistem respirasi tubuh.

Juga darah berfungsi mengangkut zat yang diperlukan tubuh atau nutrisi, zat sisa metabolisme, juga hormon yang diperlukan oleh tubuh.

Maka dengan fungsinya ini, penting untuk selalu merawat darah dengan gaya hidup sehat yang baik.

Sebab masalah 'darah kotor' bisa menjadi masalah bagi tubuh untuk sumber risiko segudang penyakit.

Istilah "darah kotor" biasanya mengacu pada kondisi ketika darah mengandung tingkat toksin, limbah, atau zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan sistem kardiovaskular dan fungsi organ.

Ketika darah terkontaminasi oleh zat-zat beracun seperti radikal bebas, kolesterol jahat (LDL), atau produk sampingan metabolisme, risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya meningkat.

Oleh karena itu, membersihkan "darah kotor" dengan menjalani gaya hidup aktif adalah langkah penting untuk mencegah perkembangan penyakit kardiovaskular.

Nah, bagi Anda yang ingin membersihkan 'darah kotor' dalam tubuh tidaklah sulit. Anda bisa coba rajin mengonsumsi makanan pembersih 'darah kotor' seperti berikut ini.

Makanan untuk Membersihkan 'Darah Kotor'

Berikut ini makanan sederhana yang secara alami mampu membersihkan darah yang kotor.

Baca Juga: Cocok Malam-malam Rebus Jahe dan Campur Perasan Jeruk Nipis Lalu Diminum Sebelum Tidur, Bangun Pagi Pasti Takjub Rasakan Perubahan Ini di Tubuh

1. Bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan antioksidan dan kandungan mineral yang berguna sekali menurunkan kadar kolesterol jahat dari darah.