Bukan Cuma di Jamur Enoki, Bakteri Listeria Juga Ada di Beberapa Makanan Favorit Sejuta Umat ini, Begini Cara Aman Konsumsinya

By Ulfa, Senin, 16 Oktober 2023 | 09:25 WIB
Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa mengandung bakteri listeria, bukan cuma jamur enoki (Kolase Adobe Stock dan SHUTTERSTOCK/KATERYNA KON)

SajianSedap.com - Siapa yang suka dengan jamur enoki?

Jamur enoki ini biasa kita nikmati saat makan makanan Jepang ataupun Korea.

Jamur ini juga enak hanya dengan ditumis ataupun dijadikan jamur krispy.

Namun, masyarakat sempat dihebohkan dengan ditariknya jamur enoki ini dari peredaran karena disebut terkena bakteri listeria!

Apa itu bakteri listria?

Bakteri Listeria yang Berbahaya

Mengutip dari Kompas.com, Listeria adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman Listeria monocytogenes.

Orang yang terkena listeria biasanya usai menyantap makanan yang telah terkontaminasi kuman tersebut.

Penyakit ini terutama menyerang perempuan hamil, bayi baru lahir, orang tua berusia 65 tahun ke atas, dan orang yang punya sistem kekebalan tubuh lemah, dikutip dari situs resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.

Pada Maret 2020 lalu, Ministry of Food and Drug Safety Korea Selatan menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki produksi dua perusahaan asal Negeri Ginseng itu.

Selain itu, CDC juga menarik produksi jamur enoki dari dua perusahaan tersebut setelah melakukan penelitian dan ditemukan adanya Listeria monocytogenes, seperti melansir situs resmi CDC.

Selain itu, menurut situs BPOM, bakteri listeria merupakan bakteri gram positif yang dapat tumbuh baik di tempat aerob (dengan adanya oksigen) maupun anaerob (tanpa adanya oksigen).

Baca Juga: Jarang Belajar Tapi Selalu Peringkat 1, Bukan Vitamin, Tapi Bekal Si Kecil Diganti Sama Jamur Enoki