Bebas Biaya, Begini Cara Mendapatkan Pengobatan Penyakit Cacingan Gratis dengan BPJS

By Amelia Pertamasari, Senin, 3 Oktober 2022 | 05:40 WIB
Cara mendapatkan pengobatan penyakit gratis dengan BPJS. ()

SajianSedap.com - Informasi tentang cara mendapatkan pengobatan penyakit cacingan gratis dengan BPJS penting untuk diketahui siapa saja.

Sebab penyakit cacingan dapat dialami siapa saja dari anak-anak hingga dewasa, jadi penting untuk mengetahui lebih awal cara mendapatkan pengobatan penyakit cacingan gratis dengan BPJS.

Jadi simak berikut ini syarat dan cara mendapatkan pengobatan penyakit cacingan gratis dengan BPJS Kesehatan.

Cara Mendapatkan Pengobatan Penyakit Cacingan Gratis dengan BPJS

Cacingan adalah penyakit infeksi parasit cacing yang tinggal dalam usus manusia, mulai dari cacing gelang, cacing pita, hingga cacing tambang.

Cacing yang menetap di usus ini akan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus.

Jika terinfeksi, seseorang akan mengalami sejumlah gejala. Pada anak-anak, gejala yang tampak dapat berupa rasa gatal di anus atau vagina, mengalami penurunan bobot tubuh, dan sering terbangun pada malam hari.

Berbeda dengan anak-anak, gejala umum infeksi cacing pada orang dewasa yakni rasa lelah yang berlebihan, sakit perut atau mulas, mual dan muntah-muntah, diare, disentri, hingga mengalami penurunan nafsu makan.

Cacingan bisa diobati dengan konsumsi obat cacing, seperti  antiparasit atau antibiotik yang bisa didapat di pasaran.

Pemilihan obat yang akan digunakan tergantung dari jenis cacing yang menjadi penyebab cacingan tersebut.

Namun, jika gejala sudah kronis atau berkepanjangan, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter. Hal itu penting mengingat pengobatan yang cepat dapat memutuskan rantai penyebaran infestasi cacing tersebut.

Tanpa khawatir dengan biaya, bagi penderita cacingan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan maka dapat memperoleh perawatan dan penanganan secara gratis.

Baca Juga: Tak Perlu Bayar! Begini Cara Mendapatkan Pengobatan Biduran Gratis dengan BPJS Hingga Sembuh