Spesial Saji-Sedap, Menikmati Sajian Berkuah di Surabaya , Lezatnya Lontong Balap dengan Rasa & Aroma Khas!

By Virny Apriliyanty, Rabu, 9 Desember 2020 | 13:15 WIB
Spesial Saji-Sedap, Menikmati Sajian Berkuah di Surabaya , Lezatnya Lontong Balap dengan Rasa & Aroma Khas! (Traveloka)

SajianSedap.com - Lontong balap merupakan salah satu jenis kuliner yang sangat khas dan legendaris di Kota Surabaya.

Lontong yang disajikan bersama irisan tahu, lentho, taoge, dan kuah kaldu ini dilengkapi sambal petis yang bercitarasa pedas dan beraroma khas.

Penasaran ingin mencoba?

SEDAP berikan empat rekomendasi tempat penjual lontong balap yang akan membuat ketagihan.

Baca Juga: Spesial Saji-Sedap, Kuliner Manado Bukan Cuma Ikan Rica-rica, Cicipi Juga 4 Kuliner Sedap dari Belut Woku sampai Ayam Tuturga

Baca Juga: Spesial Saji-Sedap, Bernostalgia dengan Hidangan Kuno di Kota Solo, Dari Timlo sampai Leker Isi Pisang nan Renyah

1. Lontong Balap Pak Gendut

Salah satu penjual lontong balap yang sudah cukup melegenda yaitu Lontong Balap Pak Gendut yang berada di Jalan Dr Moestopo. Usaha turun temurun milik (alm.) Pak Gendut ini kini diteruskan oleh sang putra, Aris Taufik Susanto, generasi ketiga dari bisnis keluarga ini.

Lontong Balap Pak Gendut banyak diminati berbagai kalangan. Keunikan lontong balapnya terletak pada kuahnya yang selalu dalam keadaan panas lantaran ditaruh di dalam kuali tanah liat yang diletakkan di atas anglo yang menyala dengan api kecil.

Panas arang yang tak membuat kuah terlalu mendidih ini membuat taoge sebagai topingnya jadi terasa gurih dan renyah. Aris menuturkan, akan lain rasa lontong balapnya jika kuahnya dimasak menggunakan alat-alat yang terbuat dari logam. Apalagi dimasak di atas api kompor. Demi menjaga kelezatan lontong balapnya, Aris pun mempertahankan menggunakan peralatan tradisional.